Dua Warga Terpapar Covid-19, Puskesmas Batuketulis Rapid Test 16 Orang 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dua warga yang merupakan ibu dan anak, Ny.S dan A Warga Pekon Batukebayan, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat dinyatakan positif terpapar Covid-19. Petugas Kesehatan UPT Puskesmas setempat langsung bergerak melakukan tracing atau penelusuran terhadap seluruh keluarga maupun masyarakat yang memiliki riwayat kontak dengan pasien.

Kepala UPT Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono, S.K.M., mengatakan usai dua warga dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab,  pihaknya menurunkan petugas kesehatan untuk melakukan tracing seluruh anggota keluarga yang sempat kontak erat. Hasilnya 16  orang menjalani rapid test.

Bacaan Lainnya


“Dari hasil tracing total ada 16 orang yang menjalani Rapid Test, tujuh orang teman kelompok belajar dari si anak, dan sembilan orang anggota keluarga pasien. Dari 16 orang itu, dua diantaranya reaktif berdasarkan rapid test sehingga keduanya kita swab dan hasil belum keluar,” ujar Sarwo, Minggu (30/5).

Sementara terkait riwayat kunjungan maupun kontak sebelum kedua pasien dinyatakan positif covid-19, hingga kini pihaknya mengaku masih melakukan penelusuran. Dan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat pekon agar mengimbau masyarakat tetap meningkatkan disiplin protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di wilayah tersebut.

“Untuk masyarakat kami mengimbau masyarakat untuk tidak panic dan tetap waspada patuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah, karena kuncinya hanya disiplin demi kesehatan dan keselamatan bersama,” pesannya.

Seperti diketahui, dengan bertambahnya dua kasus terkonfirmasi Covid-19 di wilayah itu, maka tercatat pada Mei 2021 ini terdapat tiga warga yang terpapar Covid-19 dan satu kasus sebelumnya terjadi di Pekon Wayngison kecamatan setempat.(edi/mlo)




Pos terkait