Dukung Kabupaten Literasi, Perpusnas RI Tetapkan Empat Pekon Sebagai Mitra

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan

Medialampung.co.id – Dalam rangka mendukung Program Kabupaten Literasi, empat pekon di Kabupaten Lambar ditetapkan sebagai mitra Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI ). 

“Jadi berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan Perpustakaan Nasional maka empat pekon yaitu Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau, Pekon Padangtambak Kecamatan Waytenong, Pekon Puramekar dan Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian ditetapkan sebagai mitra Perpustakaan Nasional,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lambar Yudha Setiawan didampingi Kabid Pelayanan Salman, Selasa (16/3).

Bacaan Lainnya


Kata dia, awalnya pihaknya mengusulkan empat pekon di Kabupaten Lambar ke Perpustakaan Nasional namun setelah dilakukan verifikasi oleh mereka maka ditetapkan keempat pekon tersebut sebagai mitra Perpustakaan Nasional.

“Selain perpustakaan pekon tersebut aktif, mereka juga menyampaikan proposal ke perpustakaan nasional melalui kita dan Alhamdulilah keempat pekon itu ditetapkan sebagai mitra,” kata dia 

Rencananya, kata Yudha, Perpustakaan Nasional akan memberikan bantuan kepada pekon berupa buku, rak, server, komputer layanan, printer, smart TV, dan modem. 

“Jadi nanti akan ada bantuan dari Perpustakaan Nasional, namun tidak semua jenis bantuan itu dialokasikan ke setiap pekon namun hanya beberapa jenis saja dan itu yang menentukan mereka. Rencananya bantuan itu akan dialokasikan pada Mei 2021 mendatang,” kata dia

Yudha berharap dengan ditetapkannya empat pekon tersebut sebagai mitra Perpustakaan Nasional RI, keempat pekon tersebut tidak hanya sebagai tempat untuk masyarakat membaca dan meminjam buku namun harus mampu menjadi pusat kegiatan masyarakat.

“Jadi ketika empat pekon itu ditetapkan sebagai mitra Perpustakaan Nasional RI, kedepan kita berharap bukan hanya tempat warga membaca dan meminjam buku tapi mampu menjadi pusat kegiatan masyarakat lainnya yang bermanfaat khususnya bagi masyarakat setempat,” harap Yudha. (lus/mlo)




Pos terkait