Dukung Ketahanan Pangan Mandiri, Pemkab Lambar Bakal Anggarkan Rp400 Juta

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si.

Medialampung.co.id – Dalam rangka menghadapi dampak pandemi Covid -19, Pemkab Lambar akan menganggarkan dana untuk ketahanan pangan sebesar Rp400.869.500 melalui APBD Perubahan 2020. 

“Pemerintah daerah akan mendapatkan dana insentif daerah (DID) tambahan periode kedua, salah satu peruntukannya akan dialokasikan sebesar Rp400 juta lebih untuk ketahanan pangan mandiri,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Ir. Okmal, M.Si, Jumat (25/9). 

Bacaan Lainnya



Kata dia, dana tersebut akan dialokasikan untuk penyediaan ketahan pangan mandiri dengan memanfaatkan pekarangan dan lumbung pangan.

“Jadi nanti akan ada untuk lumbung pangan berupa pembelian gabah untuk kelompok tani sebanyak 10 kelompok, kemudian pembelian bibit serta untuk toko tani,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ruspan Anwar, S.H mengungkapkan, untuk kegiatan ketahan pangan mandiri tersebut rencananya nanti ada bantuan bibit dan benih sayur-sayuran, bibit buah-buahan,  bibit ikan, pakan ikan dan polybag.

“Rencananya bantuan akan dialokasikan untuk satu pekon per kecamatan. Artinya ada 15 pekon untuk 15 kecamatan,” ujar Ruspan

Sedangkan untuk penanaman umbi-umbian seperti ubi jalar, singkong, talas dan lain lain diharapkan tetap dilakukan tetapi pengadaan bibitnya secara swadaya. 

“Harapannya pekon yang mendapat bantuan tersebut nantinya menjadi percontohan bagi pekon-pekon yang lain di kecamatan tersebut,” harapnya seraya menambahkan, pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk  pangan mandiri.(lus/mlo)



Pos terkait