Dukung Konservasi, Mahasiswa KKN di Manggarai Tanam Pohon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kelompok mahasiswa Unila yang melaksanakan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Pekon Maggarai, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, mendapat kesempatan dari pemerintah pekon setempat untuk menjadi bagian dari keberhasilan Bumi Beguai Jejama dalam mewujudkan status sebagai Kabupaten Konservasi.

Bagaimana tidak, para mahasiswa KKN dibimbing untuk melakukan penanaman pohon, bibit pohon jenis alpukat itu dibawa oleh para mahasiswa sebagai oleh-oleh atas kehadiran mereka di Pekon Manggarai untuk melaksanakan study kuliah.

Bacaan Lainnya


Peratin Sumarno menyebutkan, tentunya atas apa yang dilakukan para mahasiswa tersebut menjadi awal dari bentuk kebersamaan dengan pekon dalam menjalankan program KKN yang berkaitan dengan program yang dijalankan pekon.

Tidak hanya sampai di situ, para mahasiswa KKN juga dilibatkan dalam pembangunan lokasi pengembangan bibit pohon kayu, bersama pihak ketiga perwakilan antara pemerintahan Pekon Manggarai dan pihak Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

“Alhamdulilah adik-adik KKN dapat langsung beradaptasi dengan kehidupan masyarakat di pekon ini, dengan mengikuti tradisi-tradisi yang rutin dilaksanakan seperti pengajian mapun lainnya,” ungkap Sumarno.

Bahkan meski baru beberapa hari, para mahasiswa telah melakukan silaturahmi kepada semua unsur, mulai dari aparatur pekon, Babinsa, Babinkantibmas, para tokoh hingga masyarakat. “Untuk kami aparatur pekon, para mahasiswa memberikan bimbingan belajar (bimbel) peningkatan kapasitas masyaratkat sesuai tugas pokok dan fungsi serta fakultasnya masing-masing,” tambah Sumarno.

Veronca Lufita, salah satu peserta KKN, mengatakan, merasa terharu atas budaya sopan santun yang masih terjaga dengan baik di pekon itu. “Luar biasa sambutan masyarakat, yang mencerminkan kehidupan yang damai dan nyaman, sehingga membuat kami bersemangat untuk melaksanakan KKN di sini,” tandasnya. (ius/mlo)



Pos terkait