Dukung Pembangunan KRL, Pemkab Lambar Gulirkan Sejumlah Kegiatan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar secara bertahap melengkapi sejumlah fasilitas di Kebun Raya Liwa (KRL), baik bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), APBD provinsi maupun APBD kabupaten.

Kepala UPTD Kebun Raya Liwa Sukimin, S.I.P mendampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Ir. Noviardi Kuswan mengungkapkan, tahun ini melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan membangun beberapa fasilitas di KRL, diantaranya tempat ibadah, menara pandang, pusat kuliner, pusat oleh-oleh/cinderamata dan jalan setapak.

Bacaan Lainnya



Sementara malalui Dinas Pariwisata Provinsi Lampung akan ada bantuan berupa sarana perlengkapan kantor, drone, CCTV, kotak sampah sebanyak 20 unit dan pembangunan selter.

“Selain dari APBN dan APBD provinsi, tahun ini juga bersumber dari APBD Kabupaten Lambar akan ada kegiatan membuat jalur sepeda yang nantinya bisa juga difungsikan untuk ATV dan juga jalan patrol,” ujar Sukimin.

Masih kata dia, tahun ini khususnya yang dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR masih proses penyelesaian perpanjangan Roadmap sebagai dasar  pembangunan kebun raya tahun 2020-2024, sehingga untuk pembangunan fisiknya menunggu proses penyelesaian Roadmap terlebih dahulu, yang sepenuhnya kewenangan Kementerian PUPR dan LIPI.

“Untuk yang dari pemerintah pusat, kita telah mengusulkanke Kementerian PUPR tapi nanti mana yang disetujui akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR masih menunggu penyelesaian Roadmap pembangunan kebun raya 2020-204. Roadmap ini bukan hanya untuk Kebun Raya Liwa tapi untuk kebun raya se Indonesia,” imbuhnya.

Seraya menambahkan, sejumlah kegiatan yang telah diusulkan pihaknya, seperti halnya pembangunan jalan lingkungan, pembangunan gedung serba guna (GSG), Guest House, rumah kaca pembibitan, intalasi air bersih, embung serta pembibitan.

“Dengan adanya penambahan fasilitas di KRL tersebut, diharapkan kedepan jumlah pengunjung KRL akan semakin meningkat,” pungkas dia. (lusiana)



Pos terkait