Dukung Program Pemerintah, Masyarakat Swadaya Bangun Infrastruktur

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk memperlancar akses transportasi yang menjadi penggerak ekonomi, warga Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat gotong-royong bangun jembatan beton penghubung antar pemangku. 

Gerakan membangun pekon melalui swadaya tersebut, menjadi salah satu bentuk nyata dukungan sekaligus keseriusan masyarakat dalam mewujudkan Pekon Sidomulyo menjadi Pekon Hebat dan Sejahtera. 

Bacaan Lainnya


Peratin Sidomulyo, Sulistyo mengatakan bahwa kegiatan pembangunan infrastruktur fisik, seperti jembatan merupakan tradisi yang telah mengakar di kehidupan penduduk setempat.

Sehingga jangan kaget jika saat ini adanya jembatan-jembatan di jalan penghubung pemangku, talang dan tempat usaha tani telah terbangun dan berdiri kokoh diantaranya terealisasi melalui swadaya.

Dijelaskan Sulistyo, luas Pekon Sidomulyo dengan tekstur wilayah perbukitan dikelilingi perkebunan kopi, belum mampu menjangkau sepenuhnya dari ketersediaan anggaran pekon. 

Sehingga untuk mendukung program pemerintah, seperti melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD). Masyarakat berperan lewat swadaya. 

Seperti jembatan beton Sungai (Way) Sebimbing yang saat ini sedang proses pembangunan di Pemangku IV merupakan ruas menghubung ke pemangku, lima, enam, tujuh, delapan, sembilan dan sebelas yang juga akses penghubung antar kabupaten dengan Kabupaten Waykanan.

“Alhamdulilah berkat partisipasi masyarakat, semua program yang digulirkan pemerintah berjalan baik sesuai dengan sasarannya dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat sebagai pengguna fasilitas melalui aksi nyata dengan asas gotong-royong,” ujarnya. (r1n/hrs/mlo)




Pos terkait