Dukung Program PM, Dinas Ketahanan Pangan Lambar Siapkan Bantuan Demplot

  • Whatsapp
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lambar Ruspan Anwar, S.H

Medialampung.co.id – Dalam rangka mendukung program pangan mandiri (PM), Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lambar tahun ini akan mengalokasikan bantuan untuk demplot kecamatan dalam bentuk benih jagung dan bibit sayur-sayuran.

“Bantuan untuk demplot kecamatan ini bersumber dari APBD Kabupaten Lambar tahun 2021. Jadi nantinya setiap kecamatan akan kita alokasikan bantuan berupa benih jagung dan bibit sayur mayur seperti bibit tanaman cabai, terong, tomat dan polibag,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lambar Ruspan Anwar, S.H, Jumat (12/2)

Bacaan Lainnya

Ruspan mengatakan, hingga saat ini 15 kecamatan di Kabupaten Lambar telah memiliki demplot (lahan percontohan) serta 90 persen pekon juga telah memiliki demplot pangan mandiri. Kedepan diharapkan seluruh pekon yang ada di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini telah memiliki lahan demplot PM. 

“Kita berharap satu pekon satu demplot pangan mandiri,” harapnya.

Hasil dari demplot PM tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan di wilayah masing-masing pekon, hal ini dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah wabah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Seraya menambahkan, pemerintah daerah tidak ada bantuan untuk demplot pekon karena untuk bantuan demplot pekon bisa dianggarkan oleh pemerintah pekon melalui dana desa (DD) dalam rangka mendukung pangan mandiri.

Lebih jauh dia mengungkapkan, dalam rangka mendukung program PM, Perangkat daerah yang berada di lingkup Departemen Pertanian (Deptan) memanfaatkan lahan-lahan kosong milik pemerintah daerah yang sebelumnya lahan tidur, seperti halnya lahan di komplek kantor Pemkab telah ditanam komoditas yang dihasilkan seperti singkong, kacang tanah dan jagung.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk meemanfaatkan lahan pekarangannya untuk ditanami sayur mayur, dan hasilnya bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga sehari-hari. Selain itu, kami juga berharap dukungan dari seluruh Perangkat Daerah utamanya lingkup Deptan untuk mendukung program pangan mandiri karena pandemic Covid-19 ini belum berakhir,” pungkas Ruspan. (lus/mlo)


Pos terkait