Duta Lambar Kaylazawa Ikuti Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Lampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tingkatkan minat baca sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lampung Barat mengikuti lomba bertutur tingkat Provinsi Lampung tahun 2021.

Dispersip Kabupaten Lambar mengikuti lomba bertutur bagi siswa-siswi SD/MI Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual di Ruang Baca Kantor Dispersip, Rabu (18/8). Dengan peserta atas nama Kaylazawa Reydisya Haeir anak dari pasangan Hermanto dan Yuli Susanti, yang duduk di kelas V SDN 1 Padang Cahya Kecamatan Balikbukit. 

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yudha Setiawan, S.I.P mengatakan, kegiatan lomba bercerita tingkat SD/MI ini, diikuti 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Pesertanya siswa perwakilan dari sekolah yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan tujuan menumbuh kembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, menumbuh kembangkan kecintaan anak-anak akan karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku. 

“Selain itu juga untuk mendukung upaya pelestarian dan pengembangan pesan-pesan serta nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita sebagai salah satu kekayaan bangsa,” ungkap Yudha, Kamis (19/8).

Menurut dia, kegiatan lomba bercerita ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai kegiatan pendukung pendidikan karakter, kecerdasan, inovasi, serta daya kompetitif bangsa dengan dasar literasi.

“Pembudayaan dan kegemaran membaca adalah dua hal yang bersinergi dan menjadi faktor penting bagi suatu bangsa atau generasi dalam membangun karakter bangsa,” imbuhnya. 

Yudha menambahkan, Lomba Bercerita ini merupakan lomba berjenjang yang menjadi agenda tahunan dari program Perpustakaan Nasional (Perpusnas), dan menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

“Saya berharap, para peserta yang mengikuti lomba, bisa tampil secara maksimal sehingga bisa masuk di level nasional,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait