DWP Dukung Lambar Sebagai Kabupaten Layak Anak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lambar Irma Akmal membuka secara resmi kegiatan rapat rutin Dharma Wanita sekaligus sosialisasi tentang konvensi hak anak dalam rangka mendukung Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Layak Anak yang diselenggarakan di Aula Tim Penggerak (TP) PKK Komplek Pemkab, Rabu (28/8)

Acara tersebut dihadiri ketua DWP unsur pelaksana organisasi perangkat daerah (OPD) se-Lambar, Fasilitator Pendidikan Keluarga Nasional  Eva Oktarina S.Pd, M.M, Suratmin, S.Pd dan Nurwachidah, S.Pd, serta ketua DWP unsur pelaksana kecamatan se-Lambar, serta undang lainnya.

Bacaan Lainnya



Irma Akmal dalam sambutannya mengatakan, rapat rutin DWP bertujuan untuk membahas, mengkoordinasikan, serta mengintensifkan pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan kebijakan organisasi yang telah ditetapkan.  Selain itu acara ini juga merupakan media silaturrahmi antara pengurus dan anggota, baik dengan unsur pelaksana OPD yang ada di kabupaten maupun unsur pelaksana kecamatan.

“Pertemuan kita hari ini, selain  penyampaian laporan pelaksanaan program kerja oleh masing-masing ketua bidang, juga dilaksanakan sosialisasi mengenai konvensi hak anak dalam rangka mendukung Kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten layak anak,” ujar Irma.

Sosialisasi tentang konvensi hak anak dalam rangka mendukung Kabupaten Lambar Layak Anak ini, lanjut dia,  bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konvensi hak anak, penerapan dalam kehidupan sehari-hari, serta menciptakan budaya komunikasi untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan kebijakan pemerintah dan komitmen bersama dalam menuju kabupaten lampung barat sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Dengan dipahaminya hal-hal yang terkait dengan konvensi hak anak maka diharapkan akan mampu meningkatkan sensitifitas dan kepedulian kita untuk bersama hadir dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak dan dapat diterapkan secara nyata dalam pengasuhan anak di kehidupan rumah tangga maupun kepedulian terhadap lingkungan,” ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, Bupati Lambar Parosil Mabsus telah menyampaikan komitmen  untuk mewujudkan Kabupaten Lambar sebagai Kabupaten Layak Anak, diantaranya dengan membentuk Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Lambar, pembentukan forum anak, penyediaan sarana pendidikan, kesehatan, sarana bermain bagi anak, dan sebagainya.

Upaya untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak senantiasa akan terus dilakukan bahkan dikedepankan, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang harus terlindungi hak-hak nya.  Oleh karena itu peran dan dukungan dari orang tua sangatlah penting dalam upaya perlindungan anak dan mencegah kekerasan terhadap anak. “Saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti materi secara seksama sehingga ilmu yang kita peroleh dapat kita terapkan dan kita sosialisasikan kepada lingkungan keluarga dan masyarakat di sekitar kita,” kata dia.

Pada pertemuan itu, Irma Akmal berharap kepada seluruh pengurus DWP terutama para ketua bidang agar program kerja tahun 2019 yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan baik, dengan meningkatkan peran serta masing-masing bidang sehingga seluruh program kegiatan yang telah disusun dapat terealisasi.

“Saya juga berharap semangat kekeluargaan dan silaturrahmi antar anggota dapat terus dijaga dan dibina demi terlaksananya tugas pokok Dharma Wanita Persatuan yaitu, membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual agar menjadi manusia yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur,” ungkapnya

Untuk itu, lanjut dia, dalam rangka peningkatan kinerja DWP, pihaknya merencanakan akan melakukan kunjungan dan pembinaan kepada dharma wanita unsur pelaksana OPD secara bertahap. (lus/mlo)



Pos terkait