Eco Wisata Sumber Agung Janjikan Keindahan Alam yang Tak Kalah dengan Wisata Pantai

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wilayah Kecamatan Kemiling kaya akan potensi wisata alam, bahkan bila kita menghabiskan waktu liburan di Lampung, banyak sekali tempat untuk berwisata alam yang bisa kita temukan, salah satunya ada di kelurahan Sumber Agung yang belum lama ini dilaunching 

Adalah Gatot Sumali, mantan pegawai outsourcing PLN yang sudah lama mengabdi hampir 21 tahun, berawal dari sebuah konsep villa pada tahun 2009 yang dia bangun untuk keluarga, ternyata setelah melihat perkembangan wisata alam yang begitu menjanjikan dia mulai mencoba untuk mengembangkan wisata yang ramah lingkungan dengan tagline Eco Wisata seluas 11.000 Hektar. 

Membangun tempat wisata ini, ia mengedepankan edukasi yang berkelanjutan, memanfaatkan alam sekitar dan berkolaborasi dengan masyarakat Sumber Agung. Setiap ada pengunjung yang datang atau yang menginap warga sekitar ikut dilibatkan. 

“Tanggal 17 Oktober 2020 kita sudah soft launching ekowisata yang akan menjadi satu destinasi wisata dengan pintu langit yang mempunyai konsep dan visi misinya sama yaitu ramah lingkungan,” kata Gatot Sumali.

Setiap pengunjung yang datang ke eco wisata atau pintu langit ada larangan membawa sampah plastik dan diharuskan membawa wadah makan sendiri. 

“Pemilik pintu langit dengan kita satu area semua design menginspirasi dari alam tapi kita buat modern dan tradisional, desainnya sendiri pak rudi yang membuat karena kan beliau seorang arsitek yang mempunyai pengalaman dalam membangun wisata ini,” jelasnya.

Gatot mengaku membangun taman wisata ini bukan hanya sekedar mencari keuntungan semata tapi juga menjaganya kelestarian flora dan fauna yang berada di kawasan hutan lindung. 

“Di sini  kita membuat indikator lebah madu dan tanaman organik yang tanpa pupuk kimia jadi setiap pengunjung bisa menikmati alam yang natural dan juga ada beberapa hotspot agar pengunjung bisa tetap berselancar di media sosial,” imbuhnya.

Pihaknya juga menyediakan olahan hasil pertanian masyarakat sekitar berupa air nira yang  fresh dari penderes (penyadap).

Selain itu, bagi pengunjung yang hobi berkemah, pengelola menyediakan camping ground dan untuk mereka yang ngedrive dengan Jeep Willys sudah tersedia lahan adventure serta ada area Ninja Warrior untuk para wisatawan lokal mau luar Lampung. 

Terdapat pula enam villa untuk pengunjung yang ingin lebih lama menikmati wisata alam Sumber Agung. 

“Kita berharap adanya dukungan dari pemerintah kota maupun provinsi untuk agar obyek wisata ini bisa lebih terkenal. untuk akses jalan yang menuju ke eco wisata ini bisa diperbaiki,” pungkasnya.(*/mlo)

Pos terkait