Edi : 2020, Waktu Pembagian Seragam Gratis Harus Dipercepat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Edi Novial, S.Kom., memberikan apresiasi yang tinggi saat melihat langsung antusias siswa didik saat menerima bantuan Seragam Sekolah Gratis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar yang menjadi salah satu program unggulan Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin.

Pada pembagian seragam tingkat SD, SMP Sederjat di Kecamatan Kebuntebu, Senin (4/11), selain tim dari Disdikbud Lambar yang dipimpin langsung Kadisdikbud Bulki Basri, S.Pd. M.M., bersama Camat Kebuntebu Indrayani, M.Pd., turut pula hadir Ketua DPRD Lambar Edi Novial, yang berkenan melakukan pembagian seragam sekolah tersebut secara simbolis.

Bacaan Lainnya



Pada kesempatan itu, Edi Novial juga menanyakan kepada beberapa dewan guru utusan dari berbagai sekolah, tentang persentase siswa yang membuat seragam sendiri dan yang menggunakan seragam batuan Pemkab Lambar. Dimana dari penjelasan beberapa sekolah membuatnya cukup tercengang, sebeb persentase siswa yang membuat seragam sendiri hanya berkisar antara 5-10 %.

“Dengan tingginya persentase jumlah siswa yang menunggu pembagian seragam gratis ini hingga diatas 90%, membuktikan program seragam gratis yang digulirkan Bupati dan Wabup Lambar tersebut sangat bermanfaat dan tepat sasaran,” teranganya.

Oleh sebab itu, Edi Novial berpesan kepada Disdikbud Lambar agar Tahun Ajaran 2020 mendatang waktu pendistribusian lebih dipercepat atau lebih cepat dari tahun ini, sehingga siswa didik tidak terlalu lama menanunggu. “Dengan begitu mengenanya program ini di masyarakat, menjadi PR untuk Disdikbud Lambar supaya tahun depan lebih cepat dalam proses pembagiannya,” pintanya.

Sementara ditegaskan Kadisdikbud Lambar Bulki Basri dari survey interal selama dua tahun ini, program seragam gratis sebanyak tiga stel itu memang disambut baik masyarakat. Diamana keberhasilan program itu juga tak lepas dari pemaparan kepada warga seperti melalui publikasi sehingga dipahami hingga tingkat paling bawah.

Sedangkan berkaitan dengan anjuran Edi Novial terkait percepatan dalam pembagian, belajar dari pengalamn selama dua tahun ini, Disdikbud Lambar telah menyiapkan formula baru, seperti tender lebih awal, dengan tetap mengedepankan peraturan yang ada sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) tentang mengadaan barang dan jasa No.16/2018. Dengat target dua minggu setelah dilakukan pengukuran seragam dapat langsung dibagikan. (ius/mlo)



Pos terkait