Edi Novial Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua PMI Lambar Periode 2020-2025

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Edi Novial, S.Kom., terpilih secara aklamasi sebagai ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat, masa bhakti 2020-2025  pada Musyawarah  Kabupaten (Muskab) ke-VI yang digelar di Markas PMI setempat, Kamis (16/7).

Pada Muskab ke-VI tersebut, turut hadir Pengurus PMI Provinsi Lampung dalam hal ini diwakili oleh sekretaris Pmi Provinsi Lampung Drs. Soetoyo bersama Kabiro Relawan dan Diklat Bapak Arys Suharyanto, M.Si.,  juga dihadiri oleh Pengurus PMI Lambar periode 2014-2019, Relawan PMI, Sibat Pekon Tuguratu, Sibat Pekon Sukamarga, Sibat Pekon Ujung, Sibat Pekon Suoh.

Bacaan Lainnya



Muskab tersebut diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban oleh Plt Ketua PMI Lambar periode 2014-2019 Drs. Adi Utama mewakili seluruh pengurus dan dapat diterima oleh seluruh peserta kegiatan, selanjutnya dilakukan Proses Pemilihan Ketua PMI Lambar Edi Novial, S.Kom., yang terpilih secara aklamasi dan disepakati oleh seluruh peserta yang hadir.

Sekretaris PMI Provinsi Lampung Soetoyo dalam sambutannya mengungkapkan, sesuai dengan tujuan dan didirikannya PMI yaitu untuk meringankan beban penderitaan sesama manusia apapun sebabnya tanpa membedakan, agama, suku bangsa, warna kulit dan pandangan politik yang ada.

Hal ini merupakan makna penting dari tugas-tugas PMI termasuk didalamnya turut ambil bagian dalam Penanggulangan Bencana dan Mengatasi Konflik dimanapun berada dan Pembinaan Generasi Muda melalui wadah Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah dan Korps Sukarelawan (KSR) di Perguruan Tinggi serta Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di Desa-desa, untuk itu sangatlah penting keberadaan PMI di tengah-tengah Masyarakat. 

”Kita patut bersyukur bahwa PMI Lambar perlahan namun pasti terus bergerak menuju kemajuan, walau pada Kepengurusan Masa Bakti Tahun 2014-2019, mengalami sedikit kendala beberapa hal seperti; banyaknya Pengurus yang mengalami mutasi keluar Lambar, pensiun serta adanya hal-hal lain sehingga tidak aktif dalam menjalankan tugasnya selaku Anggota Pengurus, namun dengan dilandasi Jiwa Sosial Kemanusiaan yang tinggi akhirnya Kepengurusan PMI Lambar Masa Bakti Tahun 2014-2019 dapat berjalan dengan baik sampai hari ini,” ungkapnya.

Terusnya, keberadaan dan eksistensi Organisasi PMI sangat ditentukan oleh komitmen para Pengurusnya yang mau membagi waktu untuk PMI dan rela mengemban tugas-tugas Kepalangmerahan  demi menolong masyarakat banyak.

”Selain itu mengingat posisi Lambar ini di daerah perlintasan pada Jalur Barat Provinsi Lampung  yang frekuensi lalu lintasnya semakin hari semakin tinggi dengan risiko kecelakaan semakin meningkat serta tuntutan kemajuan pelayanan di Rumah Sakit yang semakin meningkat pula, perlu kiranya memiliki Unit Transfusi Darah. Untuk itu kami berharap PMI Lambar bisa memulai mendirikan Unit Transfusi Darah yang mampu menunjang keperluan darah di Kabupaten ini,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap sebagai Anggota PMI hendaknya selalu peka terhadap permasalahan sosial kemanusiaan yang timbul, baik akibat bencana, konflik maupun menyangkut kesehatan.

“Saya percaya dengan figur yang nantinya akan duduk dalam Kepengurusan PMI Lambar Masa Bakti Tahun 2020-2025 mempunyai kepedulian yang besar terhadap pengembangan PMI Lambar terlebih lagi dengan adanya kepemimpinan bupati yang sekaligus sebagai Pelindung PMI Lambar,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PMI Lambar terpilih Edi Novial mengungkapkan, dengan mendapatkan amanah sebagai ketua PMI Lambar untuk periode 2020-2025 maka bersama-sama dengan jajaran pengurus akan melakukan berbagai upaya dalam rangka menjadikan PMI Lambar sebagai organisasi yang besar dan memiliki dampak  terhadap masyarakat.

”Insha allah saya siap memberikan  tenaga dan pikiran, dan bantuan semua kawan-kawan tentunya sangat saya harapkan, apalagi secara pengalaman kawan-kawan semua telah lebih berpengalaman, dan saya yakin dengan  kerjasama yang baik mudah-mudahan PMI Lambar bisa lebih maju,” kata pria yang juga menjabat sebagai ketua DPRD Lambar tersebut. (nop/mlo)



Pos terkait