Edukasi Siswa SMP, Disdikbud Gelar Jelajah Sejarah

  • Whatsapp
JELAJAH SEJARAH : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat saat mengajak para siswa SMP sederajat untuk mengunjungi sejumlah lokasi bersejarah yang ada di Lambar - Foto Doc

Medialampung.co.id – Dalam rangka memberikan edukasi bagi siswa tingkat SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat memberikan kesempatan para siswa untuk mengunjungi sejumlah lokasi bersejarah diantaranya Lamban Pesagi Pekon Kenali dan Situs Megalitik.

Kabid Kebudayaan Riadi Andrianto S.H., mendampingi Kepala Disdikbud Bulki Basri S.Pd, M.M., mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin menanamkan dan menumbuhkan karakter kebangsaan serta meningkatkan pengetahuan generasi muda dalam rangka melestarikan warisan sejarah

Bacaan Lainnya



“Siswa yang mengikuti kegiatan ini memang dikhususkan untuk siswa tingkat sekolah menengah pertama menyesuaikan kompetensi pembelajaran yang ada, khususnya sejarah Indonesia,” ungkap Riadi.

Selain itu, riadi berharap, penyelenggaraan kegiatan tersebut juga untuk mengenalkan berbagai situs sejarah yang ada di kabupaten lampung barat, mulai dari sejarah kerajaan hingga sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Di setiap tempat pemberhentian atau di lokasi sejarah, para siswa kita berikan wawasan tentang sejarah dari masing-masing situs, sehingga mereka dapat belajar dan melihat secara langsung,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang guru pendamping, Rahma Muhtia Aisyah mengatakan bahwa para peserta cukup antusias menyimak materi yang disampaikan dengan memperkenalkan beberapa situs peninggalan sejarah yang ada di Lambar.

“Melakukan edukasi sejarah dengan melihat langsung situs-situs yang ada sangat penting untuk menumbuhkan generasi yang peduli sejarah, melalui kegiatan ini diharapkan sejak dini mereka sudah ikut serta menjaga serta melestariakn kekayaan sejarah yang ada di lambar,” imbuhnya.

Sebagai tenaga pendidik, pihaknya sangat mendukung program ini agar menjadi agenda rutin untuk kegiatan pendidikan sebagai tambahan wawasan tentang sejarah.(edi/mlo)



Pos terkait