Edukasi Warga Tentang Hukum, Pekon Tapaksiring Gelar Penyuluhan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Tapaksiring, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan penyuluhan hukum dalam rangka memberikan edukasi bagi masyarakat setempat, Kamis (3/12).

Kegiatan yang digelar di balai pekon setempat itu dibuka langsung oleh Peratin Yantoni dan dihadiri  narasumber asal Lembaga Bantuan Hukum Penegakan Hukum Berkeadilan dan Kantor Hukum Muhammad Zen Amirudin, S.H, serta dihadiri oleh seluruh jajaran  aparatur pemerintahan pekon, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta sejumlah tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya


Membuka kegiatan itu, Peratin Yantoni menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk membuka wawasan serta menumbuhkan kesadaran hukum di masyarakat.  Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang cerdas hukum, karena suatu kewajiban pemerintah pekon melakukan upaya pencegahan salah satunya melalui sosialisasi.

“Dengan adanya edukasi ini jangan sampai nanti masyarakat melanggar hukum akibat ketidaktahuan mereka terhadap sebuah aturan hukum. Program ini menjadi bagian dari program pemerintah pekon,” ungkap Yantoni. 

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa perlu adanya penyuluhan hukum yang menjelaskan tentang konsekuensi dan dampaknya terhadap berbagai sisi kehidupan apabila melanggarnya. Oleh karenanya, sebagai aparatur pemerintahan pekon tentu pihaknya berharap agar tidak terjadi pelanggaran hukum jenis apapun pada lingkungan pekonnya. 

“Semoga apa yang kita laksanakan ini memberikan manfaat untuk masyarakat, dan tentunya meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) yang ada,” harapnya. 

Sementara, Muhammad Zen Amirudin, SH dalam sosialisasi menyampaikan bahwa kegiatan itu adalah sebagai bentuk upaya pemerintah pekon tapak siring dalam  memberikan dukungan terhadap kemajuan daerah khususnya Kabupaten Lampung Barat karena bagaimanapun kemajuan suatu daerah harus didukung dengan menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat.

“Apabila masyarakat telah memahami patuh terhadap seluruh peraturan perundang-undangan yang ada maka akan tercipta keamanan dan ketentraman di masyarakat disinilah terbentuknya kemajuan daerah,” imbuhnya.(edi/mlo)




Pos terkait