Edy Mukhtar Ditunjuk Sebagai Plh. Sekdakab Pesbar

  • Whatsapp
Inspektur Kabupaten Pesisir Barat Edy Mukhtar, S.P.

Medialampung.co.id – Inspektur Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Edy Mukhtar, S.P., ditunjuk oleh Bupati Pesbar Dr.Drs.Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., sebagai pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Pesbar, berdasarkan surat perintah pelaksana harian Nomor : 821/582/V.04/2020, yang ditandatangani bupati Pesbar tanggal 20 September 2019.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Pesbar, Ir.Hasnul Abrar, M.P., saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, penunjukan Plh. Sekdakab Pesbar itu karena terjadi kekosongan sementara pada jabatan Sekda, mengingat pejabat definitif Sekda Kabupaten Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., sedang sakit seperti yang tertuang dalam surat perintah pelaksana harian yang ditandatangani bupati Pesbar tersebut.

“Karena pejabat definitif Sekda sedang sakit, maka diisi oleh Plh. Sekdakab untuk melaksanakan tugas, sehingga pelayanan di Sekretariat Daerah tetap berjalan sebagaimana mestinya,” katanya, Senin (21/9).

Selain itu, kata dia, pada tanggal yang sama, Sekretariat Daerah Kabupaten setempat melalui Plh. Sekda juga telah melayangkan surat edaran kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat nomor : 800/283/V.04/2020. 

Dalam surat edaran itu, dijelaskan berdasarkan surat laporan hasil pemeriksaan metode pemeriksaan RT-PCR real time nCov 2019 dari UPTD laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung No :800/1750/V.02.07/IX/2020 Tanggal 19 September 2020 yang menyatakan konfirmasi Covid-19 (positif) terhadap satu orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekretariat daerah Kabupaten Pesbar.

Sehingga, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemkab Pesbar maka kepada seluruh kepala OPD untuk dapat mengatur jumlah pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (work from office) paling banyak 50 persen.

“Selain itu wajib menerapkan protokol kesehatan serta melakukan penyemprotan desinfektan di kantor masing-masing setiap hari Jumat,” jelasnya.

Kemudian, khusus seluruh pegawai di Sekretariat daerah Kabupaten setempat agar memeriksakan diri di Puskesmas Krui untuk melakukan screening atau rapid test dan untuk sementara bekerja dari rumah (work from home) salama lima hari kerja terhitung mulai tanggal 21 sampai dengan 25 September 2020.

Selain itu, pegawai di OPD atau instansi lain yang kontak erat agar memeriksakan diri di Puskesmas Krui untuk dilakukan rapid test.

“Jika hasil rapid test nanti reaktif maka akan dilakukan swab test. Namun yang jelas terkait dengan pelayanan Pemerintahan hingga kini masih tetap berjalan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pejabat definitif Sekdakab Pesbar Ir. N.Lingga Kusuma, M.P., dikabarkan terkonfirmasi positif coronavirus disease (Covid-19).

Berdasarkan keterangan dari kepala Dinas Kesehatan Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., pihaknya membenarkan kabar tersebut, namun menurutnya Lingga Kusuma tidak ada riwayat perjalanan ke luar kota, hanya menghadiri pesta di salah satu gedung di Bandarlampung pada 13 September 2020 lalu. Kemudian pada 18 September, Lingga hendak menghadiri sebuah rapat kedinasan di Bandarlampung.

“Saat sebelum rapat semua peserta harus menjalani rapid test terlebih dahulu tidak terkecuali Pak Lingga, hasilnya reaktif dan karena reaktif Lingga Kusuma langsung menjalani swab test PCR dan hasilnya dinyatakan positif,” kata dia.(yan/mlo)



Pos terkait