Emak-Emak Serbu Kegiatan ADD Pekon Tigajaya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Cukup menarik yang dilakukan para kaum emak-emak di Pemangku Pilaujung, Pekon Tigajaya, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Jika selama ini rata-rata pekerja bangunan identik dilakukan oleh kaum laki-laki, justru yang tersaji pada kegiatan pembangunan Rabat Beton jalan proyek Anggaran Dana Desa (ADD) di wilayah setempat, pekerjanya didominasi oleh emak-emak.

Dimana terlihat belasan perempaun yang satatusnya rata-rata ibu rumah tangga tersebut diberdayakan oleh aparatur pekon ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan fisik ADD dan diberikan upah sesuai Harian Orang Kerja (HOK) pada umumnya.

Bacaan Lainnya



Tentunya atas keterlibatan para ibu rumah tangga itu, selain menjadi perhatian yang menarik, juga memiliki nilai yang cukup positif, menyimbolkan bahwa penerapan Dana Desa (DD) bukan hanya dirasakan warga dalam aspek pemanfaatan, tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaaan bagi warga setempat termasuk para ibu-ibu, yang biasanya hanya bekerja di dapur.

Peratin Pekon Tigajaya Prayitno menyebutkan, di era modern seperti ini paradigma yang menyebutkan kaum perempuan hanya berperan kerja dirumah sudah tidak tepat lagi. Pasalnya berkat kemajuan teknologi, ditambah perkembangan sarana perlengkapan kerja, kaum perempuan kini sudah dapat melaksanakan pekerjaan pria.

Bahkan Prayitno memuji kreatifitas dan ketelitian yang justru condong dimiliki perempuan. “Saya melihat ibu-ibu yang kerja bangunan cukup telaten dan lebih terarah. Mereka mengumpamakan kerja bangunan sama halnya dengan kerja didapur harus dengan tekun, teliti dan berhati-hati,” katanya.

Prayitno tak ketinggalan juga mengapresiasi kreatifitas aparatur pekon dan kelompok masyarakat (pokmas) yang menggandeng semua komponen warga  untuk bersama-sama berperan dalam membangun pekon. (ius/mlo)



Pos terkait