Empat Anak Terpilih Menjadi Duta Anak Tingkat Kabupaten 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  –  Pertemuan forum anak tingkat kabupaten tahun 2020 yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lambar  menggelar di Aula Hotel Sahabat Utama Kecamatan Balikbukit, resmi ditutup, Rabu (11/3).

Kabid  Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Nilawati, S.H mendampingi Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) M Henry Faisal, S.H, M.H mengungkapkan, dalam pertamuan itu, terpilih empat orang anak menjadi duta anak tingkat Kabupaten Lambar tahun 2020 yaitu M. Zaki Alpindo dari SMAN 1 Waytenong, Adrian Fadhil Atala dari SMAN 1 Liwa,  Annisa Dwi Putri dari SMAN 1 Liwa serta Ardini Ramadhania dari SMPN 1 Airhitam.

Bacaan Lainnya



Selain terpilih empat anak menjadi duta anak tingkat kabupaten, lanjut dia, dalam pertemuan itu juga menghasilkan lima poin suara anak Lambar yaitu anak Lambar meminta kepada pemerintah untuk menyediakan ruang publik terbuka anak berfasilitas pengembangan minat dan bakat, tersedianya pemerataan sarana dan prasarana kualitas mutu pendidikan dan tenaga pendidik. Kemudian tersedianya sarana dan prasarana ramah anak bagi disabilitas, tersedianya wisata edukasi ramah anak, serta tersedianya layanan pemeriksaan kesehatan keliling gratis ramah anak.

 “Jadi keempat anak yang terpilih tersebut akan mewakili Kabupaten Lambar untuk mengikuti forum anak tingkat provinsi tahun 2020,” kata Nilawati, Rabu (11/3/2020).

Dijelaskannya, dilaksanakannya forum anak tingkat kabupaten ini bertujuan  untuk meningkatkan pemahaman mengenai hak hak anak menurut pandangan para anak dan mengajak anak untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembangunan. Kemudian, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan pendapat anak (View Of The Children) dalam bentuk organisasi, pandangan dan rekomendasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi anak di seluruh kecamatan se-Lambar, serta terhimpunnya rekomendasi suara anak daerah Lambar  serta terpilihnya duta anak daerah/Kabupaten Lambar tahun 2020.

“Peserta forum anak ini sebanyak 60 orang yang berasal dari siswa-siswi berprestasi dari jenjang SD, SMP, dan SMA yang mewakili kecamatan se-Kabupaten Lambar,” ungkap dia seraya menambahkan, nara sumber berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lambar, serta Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kabupaten Lambar. (lusi/mlo)



Pos terkait