Empat Kebudayaan Pesbar Terima Surat Pencatatan Inventarisasi KIK-EBT 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Empat kebudayaan tradisional dari Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yakni Ngejalang Kubokh (Upacara Adat), Hadra Ugan (Musik), Tari Dibingi Bakas (Gerak), dan Nyukut Damar, menerima surat pencatatan inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK)-Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Surat Pencatatan Inventarisasi KIK-EBT itu diterima oleh Asisten II Setdakab Pesbar, Syamsu Hilal, S.Sos., pada kegiatan sosialisasi/promosi dan diseminasi kekayaan intelektual yang dilaksanakan di Hotel Novotel Lampung, Kamis (18/3).

Bacaan Lainnya



Menurut Syamsu hilal, inventarisasi KIK itu bertujuan untuk memperkuat kedaulatan Kekayaan Intelektual Komunal Indonesia,termasuk yang ada di Kabupaten Pesbar. Selain itu juga memperkuat bukti kepemilikan atas Kekayaan Intelektual Komunal, salah satunya di Kabupaten Pesbar. Sehingga dengan diterima surat pencatatan Inventarisasi KIK-EBT untuk empat kebudayaan yang ada di Pesbar tersebut diharapkan kedepan dapat terus dipertahankan.

“Kebudayaan merupakan khas suatu daerah, sehingga dengan beragamnya kebudayaan tradisional yang ada di Kabupaten Pesbar ini tentu harus tetap dipertahankan,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, untuk mempertahankan kebudayaan tradisional yang ada di Kabupaten Pesbar tentu peran serta semua lapisan masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya sangat dibutuhkan. Jangan sampai kedepan kebudayaan tradisional itu tergerus oleh perkembangan maupun kemajuan zaman.

Karena itu, kebudayaan yang ada juga harus diperkenalkan sejak dini terhadap para generasi muda yang ada di Kabupaten Pesbar. Dengan diterimanya surat pencatatan inventarisasi KIK-EBT untuk kebudayaan tradisional di Pesbar ini mudah-mudahan menjadi motivasi bersama.

“Baik motivasi bagi Pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Pesbar ini untuk terus mempertahankan kebudayaan tradisional di Negeri Para Sai Batin dan Ulama ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait