Empat Kecamatan akan Terima Perpusling

  • Whatsapp
Kabid Pengembangan Koleksi, Pengelolaan dan Alih Media Basuki Rahmat

Medialampung.co.id – Empat kendaraan roda tiga untuk perpustakaan keliling (Perpusling) hasil pengadaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lampung Barat di tahun anggaran 2019 lalu, siap di distribusikan untuk empat kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

Kabid Pengembangan Koleksi, Pengelolaan dan Alih Media Basuki Rahmat mengatakan, keempat Perpusling tersebut akan ditempatkan di Kecamatan Kebuntebu, Waytenong, Sekincau dan Bandarnegeri Suoh (BNS).

Bacaan Lainnya



”Kita masih menunggu waktu yang tepat untuk penyerahan ke  pengelolanya, tetapi secara umum untuk kendaraan dan juga dilengkapi dengan berbagai buku bacaan dengan jumlah sebanyak 500 buku sudah siap ,” ungkap Basuki mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Saripan Halim.

Dijelaskan, Perpusling tersebut akan dikelola Komunitas Lamban Baca yang ada di tingkat pekon, dengan disiapkan anggaran untuk pembelian bahan bakar dan insentif.

“Perpusling ini milik bersama, artinya untuk kepentingan masyarakat banyak, namun harus ada yang kita berikan tanggung jawab untuk mengelolanya, sehingga di setiap kegiatan bentor tersebut bisa hadir di tengah masyarakat,” kata dia.

Sejauh ini, kata dia, Lambar baru memiliki empat unit, tetapi di tahun anggaran 2020 ini akan ada pengadaan lagi sebanyak tiga unit untuk penambahan, dan target kita ke depan setiap kecamatan bisa mempunyai kendaraan.

”Hanya saja karena keterbatasan anggaran kita berharap pemerintah pekon berinisiatif melalui dana desa untuk membeli kendaraan perpusling, sekaligus juga dalam rangka mendukung program Bapak Bupati untuk mewujudkan Lambar sebagai Kabupaten Literasi,” paparnya. (nop/mlo)



Pos terkait