Empat Kecamatan Berstatus Zona Merah Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat hingga kini terdapat empat kecamatan di kabupaten setempat yang berstatus zona merah penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., mengatakan dari 11 kecamatan di Kabupaten Pesbar empat kecamatan berstatus zona merah, lima kecamatan berstatus zona orange dan dua kecamatan berstatus zona kuning.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan update data zonasi masing-masing kecamatan, Senin (19/7) kemarin, tidak ada kecamatan yang berstatus zona hijau. Sebelumnya kecamatan pulau pisang, sekarang sudah mulai ada penambahan kasus disana,” kata dia.

Dijelaskannya, empat kecamatan yang berstatus zona merah itu yakni Kecamatan Pesisir Tengah, Kecamatan Krui Selatan, Kecamatan Ngaras dan Kecamatan Bangkunat, dua kecamatan yang berstatus zona kuning yakni Kecamatan Lemong dan Pesisir Utara.

“Sedangkan lima kecamatan yang berstatus zona orange seperti Kecamatan Pulau Pisang, Kecamatan Karyapenggawa, Kecamatan Waykrui, Kecamatan Pesisir Selatan dan Kecamatan Ngambur,” jelasnya.

Ditambahkannya, penetapan status zonasi setiap kecamatan itu dilakukan berdasarkan kasus yang terjadi di masing-masing pekon, pembaharuan status zonasi diperbaharui dalam sepekan.

“Status zona hijau jika tidak ada kasus positif di dalam satu kecamatan, zona kuning jika ada satu hingga dua pekon lokasi positif Covid-19, zona orange tiga sampai lima pekon lokasi dengan kasus aktif penularan, dan zona merah jika lebih dari lima pekon lokasi positif Covid-19,” terangnya.

Dikatakannya, jika melihat data dalam pekon dan kelurahan, jumlah pekon yang berstatus zona hijau terdapat 70 pekon, zona kuning 28 pekon, zona orange 12 pekon dan zona merah delapan pekon.

“Secara keseluruhan dari 118 pekon dan kelurahan d i Kabupaten Pesbar, ada 70 pekon tidak ada kasus positif Covid-19, sedangkan 48 pekon lainnya ada kasus positif Covid-19 aktif,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait