Empat Pekon di Belalau Serentak Salurkan BLT-DD Tahap Pertama

  • Whatsapp
foto edi/mlo

Medialampung.co.id – Sebanyak empat pekon, yaitu Pekon Turgak, Bumiagung, Kejadian dan Sukarame di Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Kamis (14/5).

Proses penyaluran BLT-DD tahap pertama itu dihadiri Camat Belalau Sri Handayani S.H, Sekcam Belalau Romuzi S.Ip, serta sejumlah unsur bhabinkamtibmas, babinsa serta tokoh masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya



Disela –sela proses penyaluran, Camat Belalau Sri Handayani  berharap agar bantuan yang diterima masyarakat dapat meringankan beban akibat pandemi covid-19 ini, sehingga kepada seluruh warga penerima manfaat agar dapat digunakan sebagaimana petunjuk pemerintah yaitu untuk membeli kebutuhan rumah tangga, seperti sembako. Dan kepada pemerintah pekon berpesan agar dalam penyaluran BLT-DD  kepada masyarakat harus diserahkan secara utuh yaitu sebesar Rp.600 Ribu tanpa adanya pemotongan sepeser pun.

”Tentu kita tidak akan bosan-bosan mengingatkan bahwa tidak boleh ada pemotongan dengan alasan apapun, karena kita berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah wabah Covid-19,” terangnya.

Sementara, Peratin Turgak, Ichwan menerangkan bahwa terdapat tiga kriteria utama penerima BLT-DD, yaitu masyarakat miskin yang hilang pekerjaan, masyarakat tidak mampu dan memiliki penyakit menahun dan kronis, serta masyarakat miskin yang belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).  

”Bentuk bantuan langsung atau tidak langsung untuk masyarakat yang disebut dengan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) di tengah wabah ini ini bukan hanya BLT DD, namun ada program pula program listrik gratis, BLT dari kemensos, PKH, serta program lainnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, dalam penyaluran itu pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan warga menjaga jarak serta menggunakan masker.

”Dalam penyerahan bantuan ini kami juga tetap mengedepankan instruksi pemerintah tentang tata cara penyerahan guna pencegahan penyebaran Covid-19, diantaranya menjaga jarak dan wajib menggunakan masker,”terangnya. 

Lebih jauh ia menerangkan bahwa, BLT DD khususnya di Pekon Turgak disalurkan ke 117 KK, dengan setiap KK menerima sebesar Rp600 ribu.  Pihaknya berharap dengan adanya program BLT DD dapat akan membantu masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pokoknya. Sehingga dampak ekonomi dari wabah Covid -19 ini dapat tertanggulangi. (edi/mlo)



Pos terkait