Empat Pospam dan Pengamanan Gereja Disiapkan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Polres Lampung Barat bersama jajaran Forkopimda  menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan Operasi Lilin Krakatau 2019 yaitu pengamanan natal dan tahun baru (Nataru) 2020 yang di gelar di aula Partisarawirya Rabu (18/12).

Rakor tersebut dipimpin Waka Polres Lampung Barat Kompol Vicky Dzulkarnain, mengusung tema “Melalui Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Kita Sinergikan Pengamanan Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020 Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat”

Bacaan Lainnya



Vicky Dzulkarnain mewakili Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.IK, M.H., mengatakan, untuk rapat ini membahas persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru dari itu masing-masing instansi yang terlibat dapat berperan aktif.

“Untuk ops lilin ini kita berharap lebih baik dari yang sudah-sudah dan disini kita hadir untuk saling memberikan masukan dan memahami peran masing-masing sehingga tidak saling mengandalkan. Demi keberhasilan bersama mari kita saling menyampaikan baik itu saran atau pendapat sehingga nanti di lapangan dapat terealisasi sebagai mana konsep yang kita rencanakan.

Beberapa Hari lagi kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Natal 2019 dan tahun baru 2020. Kegiatan tersebut menjadi atensi kepolisian untuk dilaksanakan pengamanan. Dari itu kita menggelar rapat koordinasi dalam rangka kesiapan menghadapi Operasi Lilin 2019,” ujarnya.

Ia mengajak semua  pihak untuk memastikan kesiapan seluruh pihak terkait untuk mendukung suksesnya pengamanan Nataru. Karena semua kegiatan tidak bisa dihandle hanya dari kepolisian saja. Mengingat operasi lilin merupakan operasi kemanusiaan, dibutuhkan peran serta seluruh pihak sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan peranan masing-masing.

“Dalam menghadapi Operasi Lilin 2019 Polres Lampung Barat menyiapkan beberapa kegiatan mulai dari sterilisasi gereja sebelum kegiatan ibadah serta pengamanan di gereja. Selain itu dilakukan pengamanan jalur dan objek wisata yang ada di kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat serta rangkaian kegiatan masyarakat dalam rangka tahun baru 2020,” jelas Vicky.

Terusnya, untuk gereja dan rumah ibadah yang ada di Lambar dan Pesbar sebanyak 31 Gereja/rumah ibadah dengan rincian gereja yang berada di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 26 gereja dan 5 rumah yang di jadikan tempat ibadah di Pesisir Barat. Pengamanan di gereja dilakukan oleh anggota Polres lampung Barat dan juga melibatkan personel hingga tingkat polsek.

“Selain itu, ada 4 pos yang terdiri dari 2 pos pengamanan terletak di Sekincau dan Rest Area dan 2 Pos Pelayanan yang terletak di tugu Liwa dan labuhan jukung. Seluruh kegiatan pengamanan di persiapkan dalam rangka Operasi Lilin 2019, untuk menjamin rangkaian kegiatan Natal dan tahun baru di wilayah Lampung Barat dan Pesisir Barat berjalan aman dan Kondusif,” tegasnya.

Rapat koordinasi juga diisi dengan paparan oleh Kasat Intelkam yang di wakilkan Kanit POA Bripka Munandar yang menyampaikan tentang perkiraan kerawanan terkait Natal 2019 dan tahun baru 2020,  selain itu, disampaikan juga sejumlah kegiatan masyarakat dan kegiatan keagamaan yang akan dilaksanankan terkait Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Selanjutnya Paparan Kabag Ops Kompol Mujiono, SH.MH., menyampaikan Kir Kerawanan Operasi Lilin krakatau 2019, seperti daerah rawan kecelakaan lalulintas, daerah rawan kriminaitas, daerah rawan longsor, daerah rawan tenggelam, dearah rawan Berpotensi rawan macet, dan pengamanan personil. (nop/mlo)



Pos terkait