Empat Tahun Memimpinan Pesbar, Ini Capaian Agus-Erlina

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar ekspose capaian hasil pembangunan empat tahun kepemimpinan bupati Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H, dan wakil bupati Erlina, S.P, M.H., di GSG Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (18/2).

Selain di hadiri bupati dan wakil bupati, dalam kesempatan itu hadir juga  Ketua DPRD Pesbar, Nazrul Arif, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab setempat, unsur Forkopimda serta stakeholder terkait lainnya.

Bacaan Lainnya



Kepala Bappeda Pesbar, Drs.Zukri Amin, M.P., mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dan pemangku kepentingan daerah tentang capaian hasil pembangunan tahun ke-empat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pesbar tahun 2016-2021.

“Ini juga sebagai sarana evaluasi dan pengendalian terhadap pelaksanaan program dalam mencapai target RPJMD Kabupaten Pesbar,” jelasnya.

Dikatakannya, sesuai visi dan misi dalam RPJMD yakni terwujudnya masyarakat Pesbar yang madani, mandiri dan sejahtera. Dari visi dan misi itu dapat dijelaskan yakni mewujudkan masyarakat Pesbar yang religius, cerdas, sehat dan berakhlak mulya, meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat pekon dan optimalisasi pemanfaatan kekayaan laut, pertanian, kehutanan dan perkebunan sebagai basis ekonomi kerakyatan.

Kemudian, meningkatkan infrastruktur, sumber daya energi dan mitigasi bencana serta penguatan ketahanan pangan masyarakat yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, mewujudkan kabupaten Pesbar sebagai daerah tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal.

“Serta meningkatkan pelayanan umum kepada masyarakat guna menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, kata dia, untuk beberapa capian dapat pembangunan empat tahun kepemimpinan bupati dna wakil bupati Pesbar antara lain capaian ekonomi makro yakni pertumbuhan ekonomi, PDRB perkapita, indeks gini, indek pembangunan manusia, dan lainnya rata-rata telah mengalami peningkatan sejak tahun 2016  hingga 2019.

Ditambahkannya, begitu juga dengan capaian kinerja RPJMD, yakni pendidikan berkaitan dengan angka partisipasi sekolah dan ruang kelas belajar. Serta pada bidang kesehatan yakni fasilitas kesehatan seperti puskesmas, posyandu dan rumah sakit juga telah mengalami perubahan cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Termasuk dibidang infrastruktur dan konektivitas hingga bidang lainnya sejak 2016-2019 sudah banyak peningkatan, kedepan tentunya bisa terus meningkat, karena itu juga harus didukung salah satunya oleh anggaran dan SDM yang ada dan sebagainya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Agus Istiqlal, menyampaikan capaian-capaian itu merupakan bukti nyata pihaknya terus berbuat nyata dalam pembangunan di kabupaten Pesbar. Semua keberhasilan yang telah dicapai, adalah merupakan rahmat Allah SWT dan kerja keras serta kerja sama semua pihak.

“Meski begitu, masih terdapat beberapa target yang akan kita tingkatkan hingga pelaksanaan tahun ke-lima RPJMD Pesbar mendatang,” katanya.

Dijelaskan, beberapa hal yang perlu ditingkatkan bersama itu antara lain infrastruktur dan konektivitas wilayah termasuk mendukung penerbangan di bandara M. Taufik Kiemas, pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran dengan pemberdayaan masyarakat serta pembangunan pendidikan dan kesehatan.

Kemudian, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan rasio elektrifikasi, pengembangan pariwisata sebagai penopang ekonomi daerah, peningkatan nilai investasi dan penumbuhan jumlah industri daerah serta peningkatan kapasitas fiskal daerah dengan peningkatan pendapatan asli daerah.

“Peningkatan ekonomi dan pembangunan di Pesbar harus tumbuh dengan menyeimbangkan antara empat pilar utama, yaitu ekonomi, ekologi, sosial, serta agama dan budaya. Kedepan diharapkan terwujudnya masyarakat Pesbar yang madani, mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait