Enam Nakes RSUD M. Thohir Terpapar Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Enam orang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH. Muhammad Thohir, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Direktur  RSUD KH. Muhammad Thohir, dr. Eva Hadaniah Asryati, Sp. Rad., mengatakan sejak awal tahun lalu tercatat 15 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Pesbar terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Hingga 21 Juli ini total tenaga kesehatan di RSUD KH. Muhammad Thohir yang terpapar Covid-19 mencapai 15 orang, dari jumlah itu enam orang yang masih menjalani isolasi mandiri,” kata dia.

Dijelaskannya, tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 itu merupakan petugas yang sempat menangani pasien terkonfirmasi positif dan menjalani perawatan di rumah sakit milik Pemkab Pesbar itu.

“Sebagian besar tenaga kesehatan yang terpapar karena sempat kontak dengan pasien Covid-19, mereka diketahui terpapar setelah di swab test antigen,” jelasnya.

Ditambahkannya, enam tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 itu hanya menjalani isolasi mandiri karena ada yang tidak bergejala dan ada yang bergejala tapi ringan sehingga hanya menjalani isolasi mandiri.

“Sebelumnya ada tenaga kesehatan yang menunjukan gejala, flu, batuk dan demam setelah kontak dengan pasien, lalu kita rapid test antigen para nakes yang pernah kontak hasilnya ada yang positif,” ujarnya.

Selain melakukan rapid test antigen pada tenaga kesehatan yang sempat melakukan kontak, pihaknya juga melakukan rapid test pada tenaga kesehatan lainnya, bahkan ada yang hasilnya positif dan diminta untuk menjalani isolasi.

“Sekarang ini penularan sudah tidak bisa diprediksi, yang tidak kontak erat pun waktu di tes antigen bisa reaktif, sehingga kita harus meningkatkan kewaspadaan kita agar hal-hal seperti itu tidak terjadi,” terangnya.

Dikatakannya, tenaga kesehatan memang sangat rentan terkena paparan covid-19, sebab mereka merupakan garda terdepan dalam menangani pandemi covid-19 sehingga sudah selayaknya kita mendukung dan mengapresiasi kinerja para tenaga kesehatan agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Saya berharap masyarakat bisa lebih ketat lagi menerapkan protokol kesehatan, tenaga kesehatan juga lebih semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan pasien Covid-19,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait