EPP dan BKB Pekon Purajaya dan Sukapura Sesuai Petunjuk Dirjen BPD Kemendagri RI

  • Whatsapp
Pelaksanaan EPP Dan BKB Tingkat Kabupaten Lambar di Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya

Medialampung.co.id – Giliran Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, dan Pekon Purajaya, Kecamatan Kebuntebu Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang menjadi wakil dari kecamatan masing-masing, pada Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) dan Bina Keluarga Balita (BKB), tingkat kabupaten 2021, diberikan penilaian oleh tim kabupaten.

Berdasarkan pantauan media ini pada Selasa (23/3), pelaksanaan EPP di kedua pekon tersebut berjalan lancar dan meriah, dengan tingkat partisipasi peserta yang lengkap dari semua unsur.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, menyambut pelaksanaan penilaian tersebut ke dua pekon itu. Sama dengan pekon lain, telah melakukan berbagai persiapan seperti pembinaan yang intens dari tim terpadu kecamatan, khususnya tentang indikator penilaian yang masuk dalam EPP.

Dalam sambutan yang disampaikan Ketua Tim dari DPMP Lambar Desmon Irawan, S.T., EPP dan BKB, dapat dilaksanakan dengan petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan Tahun 2021, yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, diantaranya dengan menerapkan protokol kesehatan dan tidak melakukan acara seremonial penyambutan.

Lanjutnya EPP adalah untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan pekon dalam kurun waktu, Januari sampai dengan Desember, yang meliputi Tiga bidang.

Seperti dibidang pertama, Evaluasi bidang pemerintahan pekon meliputi aspek. Pemerintahan, Kinerja, Inisiatif dan Kreatifitas Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Pekon Berbasis Teknologi Informasi atau E-Goverment, dan Pelestarian Adat dan Budaya.

Ketua Tim Penilaian EPP Dan BKB Kabupaten Lambar Desmon Irawan ST saat memberikan sambutan

Bidang kedua, Evaluasi Bidang Kewilayahan Pekon, meliputi aspek, Identitas, Batas, Inovasi, Tanggap dan Siaga Bencana. Serta Peraturan Investasi. Bidang ketiga, Evaluasi Bidang Kemasyarakatan Pekon yang meliputi aspek, Partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, Pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), Keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan terakhir peningkatan kapasitas masyarakat.

Lebih jauh dijelaskannya EPP yang dilaksanakan tersebut merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan puncaknya tingkat nasional.

“EPP ini adalah evaluasi perkembangan pembangunan atau usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat pekon, yang juga menjadi kegiatan pembangunan pekon yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong bersama masyarakat,” jelasnya.

Oleh sebab itu Desmon, berharap kegiatan itu bukan sekedar rutinitas saja akan tetapi menjadi tolak ukur aparatur pemerintahan, pekon dan warga masyarakat, untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan di pekon masing-masing. Serta menggali potensi-potensi sumberdaya yang ada di pekon dengan dilakukannya penguatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat pekon.

Peratin Sukapura Setiawati saat memberikan sambutan

Sedangkan tentang BKB Desmon juga menyampaikan, bertujuan agar orang tua mengasuh anak dengan pola asuh yang benar dan baik sesuai dengan tingkatan umurnya, sehingga tumbuh kembang anak secara optimal dimana merupakan Generasi Emas (The Golden Ages), dan merupakan generasi dimasa yang akan datang.

Karena itu Demon mengimbau, agar seluruh pekon berperan aktif dalam segala aspek kegiatan dan program guna mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Yang Hebat dan Sejahtera.

“Salah satunya keseriusan kita dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan EPP dan BKB,” tandasnya.

Peratin Purajaya Samsu Kendar, S.Hut

Sedangkan disampaikan Peratin Purajaya Samsu Kendar, S.Hut., upaya yang maksimal telah dilaksanakan oleh pekon tersebut, dibantu Sembilan pekon pendukung dan tim pembina kecamatan. Tentunya harapan pihaknya apa yang sudah disuguhkan tersebut mampu memberikan hasil yang terbaik, bukan saja tentang nilai yang diberikan melainkan untuk kemajuan Pekon Purajaya.

Begitu juga disampaikan Peratin Sukapura Setiawati, peran serta masyarakat, khususnya para kader yang selama ini saling bahu membahu dibawah binaan tim terpadu kecamatan menjadi daya magnet yang kuat kesiapan pekon dalam EPP dan BKB.

“Apa yang ditelurkan dalam event ini, akan menjadi modal Pekon Sukapura menatap masa depan lebih baik lagi,” tandasnya. (r1n/mlo)




Pos terkait