Ernawati Pimpin Monev dan Pembinaan Realisasi ADD-ADP Tahap I di Muarabaru 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Camat Kebuntebu Ernawati, S.E., pimpin Monitor dan Evaluasi (Monev) sekaligus pembinaan realisasi Anggaran dana Desa (ADD) tahap I dan Anggaran Dana Pekon (ADP), sekaligus penetapan hasil pendataan SDGs Desa Muarabaru, Kamis (17/6).

Turut hadir dalam monep tersebut Tenaga Ahli (TA), Koordinator P3MD Kabupaten Lambar Anton Hilman, S.Si dan jajaran masing-masing. 

Bacaan Lainnya

Disampaikan Erna, monev di Pekon Muarabaru merupakan pekon kedelapan dari Sepuluh pekon di kecamatan. di mana sejak pekan kemarin tahapan monev ADD tahap pertama dan ADP dilaksanakan Dua pekon per hari. Dan saat ini tinggal Dua pekon lagi Sinarluas dan Ciptamulia. 

“Kegiatan Monev dilaksanakan sejak Tanggal 10 Juni yang diawali di Pekon Purajaya dan Purawiwitan, Tanggal 15 Juli Pekon Tribudi Makmur dan Tribudi Syukur. Tanggal 16 Juli Pekon Muarajaya I dan Pekon Tugumulia. Dan hari ini Kamis di Pekon Muarabaru dan Muarajaya II,” terangnya. 

Dijelaskannya dalam monev tersebut tim verifikasi kecamatan memonitor realisasi ADD Tahap I sebesar 40 persen. Sebagai dasar untuk proses pencairan tahap kedua. “Kami memastikan DD tahap satu apakah sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuannya, karena akan diberikan Surat Pertanggungjawaban (SPj), guna pencairan tahap berikutnya,” terang Erna.

Dalam monev itu kendala yang ditemukan oleh tim verifikasi kecamatan masalah administrasi, dan ketika ada kesalahan maka langsung diberikan pembinaan. Karena itulah tim kecamatan bukan hanya melakukan monev tetapi juga pembinaan,” ujarnya.

Oleh sebab itu Erna menekankan kepada pekon, mulai dari alur perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan betul-betul dilaksanakan sesuai aturan. Dan kalau ada hal yang dilaksanakan diluar perencanaan dapat dibuat nantinya pada Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Perubahan. 

“Dalam pemanfaatan DD tahap I ini rata-rata pekon banyak pelaporan tentang penanganan covid-19, mulai dari penyaluran BLT-DD, maupun penanganan pencegahan dan lainnya,” tandasnya. (r1n/mlo)




Pos terkait