Evakuasi Material Longsor, Sistem Buka Tutup Jalan Diterapkan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, SUKAU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat hari ini mengerahkan satu unit alat berat untuk mengevakuasi material longsor di ruas jalan Liwa-Sukau tepatnya di kawasan hutan Gunung Pasir, Pekon Bandarbaru, Kecamatan Sukau pasca dilanda longsor pada Minggu (9/6).

Sementara, untuk memperlancar arus balik lebaran Unit Lalulintas Polsek Balikbukit menerapkan sistem buka tutup jalan di jalan lintas antar provinsi tersebut.

Bacaan Lainnya



Kapolsek Balikbukit Iptu Syamsul Bahri, S.H, mendampingi Kapolres AKBP Doni Wahyudi S.Ik., melalui Kanit Lantas Bripka Beni Wijaya mengatakan, meski volume kendaraan dari dua arah cukup ramai namun untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya memberlakukan sistem buka tutup.

“Jalur bisa dilalui, namun diberlakukan sistem buka tutup jalan utamanya kita prioritaskan untuk pengguna jalan arus balik,” katanya.

BACA JUGA : Longsor Lumpuhkan Akses Jalan Liwa-Sukau

Pihaknya mengimbau para pengendara yang melewati jalur tersebut untuk berhati-hati. Material longsor diprediksi bisa dievakuasi seluruhnya hari ini.

“Pengendara harus tetap berhati-hati, hari ini seluruh material longsor di prediksi akan selesai dibersihkan,”tandasnya.

Seperti Diketahui, Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana longsor di ruas jalan Liwa-Sukau Minggu (9/6) sekitar pukul 17:00 Wib.

Besarnya volume material longsor mengakibatkan ruas jalan lintas provinsi tersebut hanya dapat dilalui kendaraan roda dua, tutupan material longsor tanah,batu dan pohon tumbang hanya menyisakan badan jalan kurang dari satu meter.

Peratin Pekon Bandarbaru Nadirsyah Akmal mengatakan, bencana longsor itu terjadi ditengah guyuran hujan deras. Beruntung saat kejadian tidak ada pengendara yang melintas.

“Bencana longsor melumpuhkan akses jalan, sehingga hanya dapat dilalui satu jalur, itupun harus melintasi semak-semak dengan membuat jalan baru,”ungkap Nadir.(edi/mlo)



Pos terkait