Evakuasi Material Longsor Terkendala Kemampuan Alat Berat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Proses Evakuasi material longsor  di jalur Sukabumi-Suoh tepatnya di wilayah Pemangku Waykuol, Pekon Kegeringan, Kecamatan Batubrak masih terus dilakukan. Namun, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Lambar menyebut proses evakuasi terhambat karena minimnya kemampuan alat berat.

Kabid Bina Marga Robert Putra S.T.,mewakili Kepala Dinas PUPR Ir. Sudarto mengatakan, alat berat jenis Backhoe Loader yang diturunkan tidak mampu beroperasi secara maksimal karena kondisi medan dan volume longsor lebih besar dari sebelumnya.

Bacaan Lainnya



“Karena kondisi medan longsor yang lebih besar dan licin, membuat alat berat kita kesulitan untuk beroperasi, salah satunya roda karet backhoe loader tidak bisa bekerja maksimal,” terang Robert.

Sehingga, pihaknya akan menurunkan alat berat jenis excavator, namun sejauh ini pihaknya masih  menunggu armada pengangkut dari luar daerah.

“Kami sudah koordinasi ke pemprov untuk menurunkan excavator yang standby disini, tapi itu pun  harus menunggu armada pengangkut dari luar, pukul berapapun kendaraan pengangkut itu tiba,yang jelas proses evakuasi langsung kita lanjutkan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Ruas jalan provinsi, jalur  Sukabumi-Suoh tepatnya di Pemangku V Waykuol, Pekon Kegeringan dan Pemangku III Bunguyan Pekon Balak, Kecamatan Batubrak yang tertimbun longsor sempat dapat dilalui pada Senin dini hari (4/5) sekitar pukul 01:30 WIB.

Namun, hanya berselang beberapa jam tepatnya sekitar pukul 10:00 WIB longsor susulan kembali menerjang badan jalan di Pemangku Waykuol sehingga akses kembali lumpuh. (edi/mlo)



Pos terkait