Fasilitas BBI dan Alat Lab Perikanan akan Ditambah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tahun anggaran 2019 ini, Kabupaten Lampung Barat, mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan, sebesar Rp1,4 milar lebih, angka tersebut turun dibandingkan penerimaan tahun anggaran 2018 lalu yang mencapai Rp2 miliar lebih.

Melalui anggaran tersebut, Pemkab Lambar melalui Dinas Perikanan menambah alat laboratorium ikan serta peningkatan fasilitas pendukung Balai Benih Ikan (BBI), salah satunya dengan dilakukannya rehab kolam-kolam BBI, serta  pembangunan laboratorium ikan, kemudian penambahan fasilitas lainnya.

Bacaan Lainnya



”Jadi untuk penggunaan DAK di tahun ini kita melengkapi fasilitas laboratorium dan rehab BBI, dan juga pengadaan alat tangkap meskipun jumlahnya tidak banyak. Karena selain memang DAK terbatas, juga tidak terlalu banyak yang memerlukan,” ungkap Kabid Pemasaran dan Pengendalian Dinas Perikanan Lambar Relegius Hilman, S.I.P, M.M.

Dijelaskan, poin-poin yang memang bisa dicover melalui DAK itu seperti alat tangkap itu sedikit dan itu hanya untuk pembudidaya di Danau Ranau Kecamatan Lumbokseminung, sementara poin lainnya seperti BBI juga sudah tersedia.

”Dengan diterimanya DAK tersebut maka tentunya diharapkan fasilitas di BBI bisa tercukupi, kemudian mampu beroperasi dengan maksimal dalam  rangka mencukupi kebutuhan benih ikan di Lambar,” imbuhnya.

Sementara itu, bersumber DAK 2019, di sektor perikanan juga akan mendapatkan bantuan berupa benih ikan gurame, yang akan dibagikan untuk pembudidaya di 15 kecamatan di Lambar.

”Ikan gurame merupakan jenis ikan yang  memiliki nilai jual cukup tinggi,  sehingga mulai tahun 2019 kita akan melakukan uji coba untuk  pembudidayaannya di Lambar, semoga kondisi airnya cocok dan bisa berkembang biak dengan baik,” pungkasnya. (nop/mlo)



Pos terkait