Faskes Layanan Kesehatan Gigi Lengkap, Dokter-Perawat Nihil 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Meski telah didukung dengan fasilitas yang cukup memadai khususnya dalam pelayanan kesehatan gigi, namun hingga kini pelayanan di UPT Puskesmas Batukebayan, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat masih belum maksimal. Hal itu lantaran belum tersedianya Sumberdaya Manusia (SDM) baik dokter maupun perawat.

Kepala UPT Puskesmas Batukebayan Sarwo Edi Wahono S.K.M., saat di konfirmasi membenarkan hal itu, pihaknya memiliki fasilitas dan peralatan khusus untuk pelayanan kesehatan gigi yang disalurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi beberapa waktu lalu, namun itu belum beroperasi dengan lantaran tidak adanya dokter gigi maupun tenaga medis yang berkompeten dalam pelayanan tersebut.

Bacaan Lainnya



“Kalau fasilitas memang ada, tapi SDM kami yang masih belum mendukung terutama dokter gigi. Sebelumnya ada perawat khusus gigi, tapi sudah di terima menjadi ASN di daerah Pesisir Barat , sehingga saat ini kosong khusus untuk pelayanan kesehatan gigi masih belum maksimal,” ujar Sarwo.

Pihaknya menyadari, dengan tidak adanya dokter gigi di puskesmas itu, berdampak terhadap kelancaran pelayanan kesehatan. Pihaknya berkomitmen agar semua pasien, baik itu peserta BPJS maupun non BPJS, selalu mendapatkan pelayanan tindakan medis. Namun dengan kondisi itu pihaknya tidak dapat memberikan pelayanan maksimal. 

“Meskipun SDM belum memadai namun kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, jangan sampai pelayanan kesehatan itu terputus gara-gara tidak adanya dokter  jadi kalau ada pasien tetap kami layani dengan memberikan pertolongan dasar, sementara untuk tindakan medis seperti cabut atau lainya kami arahkan ke puskesmas yang ada dokternya,” paparnya.

Terkait rencana penempatan dokter gigi, sejauh ini pihaknya mengaku belum mendapat informasi. Namun pihaknya berharap hal tersebut menjadi perhatian mengingat keberadaan puskesmas setempat melayani 10 pekon dan tidak sedikit pasien yang datang mengeluhkan masalah kesehatan gigi.

“Harapan kami hal ini dapat menjadi perhatian, disamping kami tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal sepanjang kemampuan petugas medis yang ada,” tandasnya (edi/mlo)



Pos terkait