Februari, DPB di Pesbar Bertambah

  • Whatsapp

Medialamoung.co.id – Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk periode Februari 2021, telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) sebanyak 107.305 pemilih, dengan rincian laki-laki berjumlah 56.177 pemilih dan perempuan berjumlah 51.128 pemilih yang berasal dari 116 Pekon dan dua kelurahan di 11 Kecamatan Se-Kabupaten setempat.

Anggota KPU Pesbar Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Martin Efendi, mengatakan jumlah DPB periode 2021 itu berdasarkan berita acara No.06/PP.07-BA/1813/KPU-Kab/III/2021 tentang rapat koordinasi daftar pemilih berkelanjutan tahun 2021 periode bulan Februari 2021. Dalam rapat koordinasi mengenai DPB periode Februari 2021 sebelumnya juga dihadiri oleh pihak-pihak terkait.

Bacaan Lainnya



“Baik dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) Kabupaten Pesbar, semuanya hadir dalam rapat koordinasi tersebut di kantor KPU Pesbar,” katanya, Jumat (5/3).

Menurutnya, jika dibandingkan dengan jumlah DPB periode Januari 2021 lalu yakni sebanyak 107.214 jiwa, jelas telah mengalami kenaikan atau peningkatan jumlahnya. Hal itu salah satunya dipengaruhi karena banyaknya masyarakat yang telah memasuki usia 17 tahun keatas. Artinya, warga yang telah memasuki usia 17 tahun itu sudah bisa menyalurkan hak suaranya di Pemilihan Umum (Pemilu).

“Untuk itu warga yang sudah menginjak usia 17 tahun juga sudah diwajibkan untuk melengkapi administrasi kependudukannya, salah satunya Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el),” jelasnya.

Masih kata dia, rekapitulasi DPB di Kabupaten Pesbar yang dilakukan oleh KPU setempat merupakan agenda rutin setiap bulannya, sehingga data pemilih yang ada setiap bulan terus ter-update dengan baik dan maksimal. Sedangkan untuk update DPB periode Maret 2021 ini tentu saat ini juga masih dalam proses tahapan, sehingga baru bisa di ketahui pada April 2021 mendatang. Seperti sekarang ini misalnya update DPB tersebut untuk periode Februari baru bisa diketahui di bulan Maret. Sedangkan pada periode Januari 2021 lalu di update di bulan Februari 2021.

“Kita tentu berharap dan kembali mengimbau kepada masyarakat untuk melapor ke Disdukcapil setempat maupun pihak pemerintahan Pekon maupun Kecamatan di wilayahnya masing-masing yang belum mengurus data kependudukannya, karena itu cukup penting bagi KPU Pesbar khususnya untuk memperoleh DPB,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait