Festival Pangan Lokal B2SA Sukses Digelar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sukses menggelar Festival Pangan Lokal  Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman (B2SA) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke-28 di Aula Kagungan, Kamis (19/9)

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Hi. Parosil Mabsus dan serta dihadiri Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Waka Polres Kompol Vicky Dzulkarnain, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Akmal Abdul Nasir, S.H, Staf Ahli Bupati, para sisten, Ketua TP PKK Kabupaten Lambar Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Gurti Mad Hasnurin, kepala OPD, camat, TP PKK kecamatan serta kelompok wanita tani (KWT).

Bacaan Lainnya



Sebelum acara dimulai, dilakukan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, kemudian dilanjutkan peninjauan oleh bupati bersama rombongan, serta penilaian produk pangan.

“Pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat terlebih untuk PKK dan kelompok wanita tani agar keluarga kita dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi dan  sehat,” ungkap Bupati Parosil Mabsus dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejama Sai Betik itu berharap hasil dari festival ini akan dapat diaplikasikan secara permanen kepada seluruh masyarakat Lambar. “Dengan upaya yang dilaksanakan hari ini, kami berharap akan berdampak positif terhadap peningkatan jiwa kewirausahaan ibu-ibu PKK dan KWT, peningkatan kreatifitas dan inovasi, serta peningkatan nilai tambah produk pangan lokal Lampung Barat, dan akhirnya akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Lambar Partinia Parosil mengajak seluruh tim PKK dan KWT dan seluruh masyarakat untuk dapat berinovasi dalam menciptakan menu yang beragam dan bergizi. “Melalui kegiatan ini kita berharap ada kemajuan dengan ide-ide baru tercipta jadi kegiatan ini bukan hanya memenuhi kebutuhan, tapi juga untuk menciptakan ekonomi sejahtera sehingga dapat mendukung program Lambar Hebat,” ungkap dia.

Kemudian, melalui Festival Pangan Lokal B2SA ini diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan  komposisi gizi yang seimbang. Disamping pula untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya bagi kaum perempuan, memberikan nilai ekonomi dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan.

Dilain pihak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lambar Ir. Rusdi dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan festival pangan lokal B2SA bertujuan untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal, serta medorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial, dan mengangkat citra makanan khas daerah agar dapat digemari dan mampu bersaing dengan makanan modern.

“Festival pangan lokal B2SA tahun ini akan diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Lambar serta KWT binaan Dinas Ketahanan Pangan,” kata Rusdi

Masih kata dia, festival pangan lokal B2SA tahun 2019 dilaksanakan dalam bentuk display paket lengkap makan siang (Lunchbox) B2SA, serta display produk olahan pangan lokal komersial berupa kudapan (Snack) yang memiliki nilai komersial.

Pada ajang tingkat kabupaten ini, kata dia, pihaknya menghadirkan dewan juri, yang berasal dari perwakilan dari TP PKK Kabupaten, Ahli Gizi Kabupaten Lambar, Ahli Tata Boga, Ahli Teknologi Pangan, serta pengusaha kue Kabupaten Lambar. “Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta terbaik pada masing-masing kategori, kita telah menyiapkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan dana pembinaan,” ucap Rusdi seraya menambahkan, guna memeriahkan festival pangan lokal B2SA, pihaknya menyelenggarakan bazar berbagai produk olahan pangan, serta hasil kreasi beberapa KWT di Kabupaten Lambar.

Kemudian berdasarkan hasil penilaian, tim dewan juri menetapkan pemenang dari beberapa kategori yang ada, yaitu :

Kategori Paket Lunch Box

  1. Juara I Kecamatan Sekincau dengan nilai 87.09
  2. Juara II Kecamatan Balikbukit dengan nilai 80,95
  3. Juara III diraih Kecamatan Suoh dengan nilai 77,53
  4. Juara Harapan I Kecamatan Sukau dengan nilai 77.35
  5. Juara Harapan II Kecamatan Airhitam dengan nilai 75.55
  6. Juara Harapan III Kecamatan Batubrak dengan nilai 74.61.

Kategori Khusus Cita Rasa

  1. Juara I Kecamatan Pagardewa dengan nilai 73.03

Ketegori Khusus Penampilan dan Penyajian

  1. Juara I Kecamatan Bandarnegeri Suoh dengan nilai 72.9

Kategori Khusus Kreasi Menu Seimbang

  1. Juara I Kecamatan Belalau dengan nilai 72.2.

Kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial Antar KWT

  1. Juara I KWT Margajaya Mandiri Pekon Margajaya Kecamatan Pagar Dewa dengan nilai 93.42
  2. Juara II KWT Sukasari Pekon Sukamulya Kecamatan Pagar Dewa dengan nilai 88.65
  3. Juara III KWT Sumber Sari Pekon Ringin Sari Kecamatan Suoh dengan perolehan nilai 88.47
  4. Juara Harapan I KWT Segara Tuyung Pekon Mutaralam Kecamatan Way tenong dengan nilai 87,3
  5. Juara Harapan II Restu Buana Pekon Sekincau Kecamatan Sekincau dengan nilai 85.32
  6. Juara harapan III KWT Makmur Lestari Pekon Tribudi Syukur Kecamatan Kebuntebu dengan nilai 84.51.

(lus/mlo)



Pos terkait