Fisik ADK Tugusari Dimulai, Lurah Minta Pokmas Jaga Kualitas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kelurahan Tugusari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat termasuk yang gesit alias cepat dalam menjalankan program kerja kelurahan yakni Anggaran Dana Kelurahan (Dankel).

Bagaimana tidak baru satu minggu ini anggaran turun, Satu dari empat target pembangunan pada pencairan pertama sudah selesai dilaksanakan. Hal itu menunjukkan kesiapan pihak kelurahan dan kelompok masyarakat (pokmas) dalam kerja.

Bacaan Lainnya


Lurah Amir Syafarudin, S.E., menyebutkan ADK tahun ini, pemanfaatannya untuk kegiatan fisik Tujuh Puluh Persen (70%) dan Pemberdayaan Tiga Puluh Persen (30%). Dalam realisasinya dua kali pencairan, pertama enam puluh persen (60%).

Nah,, !!! Untuk Kelurahan itu dalam realisasi kegiatan fisik 60 persen, dari empat kegiatan pembangunan rabat jalan, Satu diantaranya sudah diselesaikan, dan tiga diharapkan dapat diselesaikan juni ini. 

“Jika tahap pertama ada empat kegiatan berupa rabat jalan, nanti untuk tahap kedua ada dua kegiatan fisik jenis Talud Penahan Tanah (TPT).

Dipaparkannya Total ADK setempat Tahun Anggaran (TA) 2021, sebanyak Rp 503.000.000.- namun Rp40 juta dimanfaatkan untuk penanganan virus corona. Artinya dengan begitu yang dialokasikan untuk 70 kegiatan fisik dan 30 persen pemberdayaan sebesar Rp463.000.000.-

Sesuai Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis (Juklak Juknis) untuk kegiatan fisik dilaksanakan sepenuhnya oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas), dengan prioritas pemberdayaan tenaga di lingkungan masing-masing.

Oleh sebab itu Amir menghimbau, agar kegiatan pembangunan dikerjakan sebaik mungkin dengan mengedepankan mutu dan kualitas. 

“Jalan yang dibangun oleh warga ini pemanfaatannya ya mereka sendiri, artinya bukan warga dari Kecamatan Belalau atau lainnya, artinya kalau kualitasnya tidak diperhatikan maka mereka sendiri yang dirugikan. Pemerintah hanya menyalurkan anggaran,” tandasnya.(r1n/mlo)




Pos terkait