Fraksi Demokrat Minta Usulan Anggaran Harus Sinkron

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) minta Pemkab setempat dalam mengusulkan setiap anggaran daerah harus di sinkronisasi dan harmonisasi dengan Peraturan Daerah (Perda), sehingga terhindar dari duplikasi atau tumpang tindih kegiatan yang didanai dari berbagai sumber.

Hal itu diungkapkan, anggota Fraksi Demokrat, Fadli Ahmadi, saat menyampaikan pandangan fraksi pada rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota pengantar rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-Perubahan (APBD-P) tahun 2020 di ruang rapat gedung DPRD setempat, Senin (7/9).

Bacaan Lainnya



Menurutnya, berdasarkan pandangan umum fraksi Demokrat tumpang tindihnya suatu kegiatan yang didanai dari berbagai sumber itu misalnya penganggaran yang ada pada Dinas Sosial (Dinsos), juga sering dianggarkan di Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) dari kegiatan yang sama.

“Karena itu Fraksi Demokrat minta agar dalam pengusulan anggaran harus benar-benar sinkron, sehingga tidak lagi terjadi ada tumpang tindih kegiatan,” jelasnya.

Ditambahkannya, Fraksi Demokrat juga minta agar dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean governance) sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku, maka Pemkab setempat hendaknya mampu membuktikan kinerja secara nyata dan transparan.

Selain itu, diharapkan agar Pemkab Pesbar mampu mengoptimalkan langkah konkrit terkait penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dengan melakukan penguatan pelaksanaan dengan memperhatikan keterkaitan antara Perda dengan keluaran dan hasil yang diharapkan. Termasuk pencapaian kinerja pemerintah dan keluaran yang tetap melakukan pendekatan filosofis, sosiologis, serta mengacu kepada indikator kinerja.

“Dalam kesempatan ini, kami dari Fraksi Demokrat dengan tegas minta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Pesbar jangan sampai terlibat praktek politik praktis, dalam Pilkada 9 Desember 2020 nanti,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait