Fraksi PKS Dorong Pemkab Pringsewu Manfaatkan Belanja Secara Efisien

  • Whatsapp
Rapat paripurna DPRD Pringsewu terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pringsewu tahun 2020.

Medialampung.co.id – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendorong Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk selalu memanfaatkan belanja dengan menganut Tiga prinsip.

“Prinsip akuntabilitas, efektif dan efisien perlu diterapkan oleh Pemkab,” harap ketua Fraksi PKS Homsi Wastobir, ST.

Bacaan Lainnya


Hal ini, lanjutnya, terkait capaian Kinerja Realisasi Belanja daerah TA 2020. Dimana capaian belanja yang terealisasi pada kisaran 94.13 % dari target.

“Yakni dengan lebih mengutamakan pemenuhan belanja yang bersifat mengikat dari pada yang bersifat reguler atau rutin,” pandangnya. 

Selain itu, lanjut Homsi, Fraksi PKS mendorong pemerintah Kabupaten Pringsewu mengakomodasi aspirasi masyarakat melalui belanja tidak langsung sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. 

“Kami mendorong pelaksanaan kegiatan yang berbasis peran serta masyarakat sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah,” pesannya.

Terkait Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Pringsewu sebesar Rp.44.929.727.619,62, harapannya agar lebih memprioritaskan peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersifat wajib. Diantaranya pelayanan pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. 

“Sehingga anggaran akan tersalurkan dengan baik tanpa meninggalkan silpa yang begitu besar. Dan permasalahan-permasalahan di Kabupaten Pringsewu terselesaikan dengan baik sesuai dengan visi dan misi,” harap Homsi.(sag/mlo) 




Pos terkait