Gaji ke-13 ASN di Lambar Siap Dibayar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat telah menyiapkan anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten setempat. Sehingga dipastikan, untuk pembayaran gaji ke-13 ASN  tidak ada kendala, namun untuk pembayarannya masih menunggu petunjuk  lebih lanjut dalam hal ini Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lambar Ir. Okmal, M.Si., mengungkapkan, jumlah anggaran yang disiapkan untuk  pembayaran   gaji ke-13 yakni sebesar Rp18.186.720.629,- dengan jumlah ASN per-Juli sebanyak 3.821 orang.

Bacaan Lainnya



”Kalau untuk gaj ke-13 tidak ada kendala, kita tunggu PMK terbit maka nantinya akan langsung dibayarkan, untuk anggaran yang disiapkan itu Rp18 miliar lebih, sesuai kebutuhan untuk gaji k13 tersebut,” ungkap Okmal.

Dikatakannya, selama belum ada SK dari Menteri Keuangan maka gaji bulan ke 13 juga belum dapat dibayarkan kepada para ASN lingkup Pemkab setempat. 

ASN diminta untuk bersabar, dan itu tetap akan dibayarkan karena itu merupakan hak dari ASN.

Soal besar jumlah yang disiapkan untuk pembayaran gaji 13 akan sama dengan jumlah gaji yang didapat setiap bulannya oleh para ASN, karena gaji bulan ke 13 jumlahnya sama dengan gaji satu bulan dari ASN itu sendiri.

”Semenjak pemberlakuan pembayaran gaji bulan ke 13 diberikan kepada ASN, gaji bulan ke 13 tersebut biasanya diberikan pertengahan tahun. Pemberian gaji bulan ke 13 tersebut untuk memenuhi kebutuhan ASN terutama untuk kebutuhan biaya anak-anak ASN untuk memasuki sekolah, sehingga tentunya gaji ke-13 tersebut sangat diharapkan oleh para ASN, kendati demikian ada aturan yang harus dijalankan,” ujarnya. 

Seperti diketahui,  beberapa daerah tidak lagi sanggup membayar gaji ke-13 untuk ASN lantaran anggaran mengalami defisit, sehingga mengharuskan daerah untuk mengorbankan anggaran yang disiapkan untuk pembayaran gaji ke-13. (nop/mlo)



Pos terkait