Galang Kontribusi Perusahaan untuk Tangani Covid-19, Camat Batubrak Sambangi PT TOP

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka menindaklanjuti harapan Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus agar para perusahaan swasta atau BUMN dapat berkontribusi membantu upaya pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Satgas Covid-19 Kecamatan Batubrak langsung bergerak untuk menggalang kontribusi salah satunya menyambangi PT Tiga Oregon Putra (TOP) yang beroperasi dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMH) di Wilayah setempat.

Bacaan Lainnya

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Batubrak Mat Suhyar mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak PT TOP di Wilayah Dusun Tabak, Pekon Pekon Balak dan Dusun Way Kuwol, Pekon Kegeringan untuk menggalang dukungan perusahaan dalam penanganan Covid- 19 di wilayah kecamatan setempat.

“Jadi dalam pertemuan beberapa waktu lalu kita mengajukan bantuan terkait penanganan Covid-19 seperti peralatan Rapid Antigen, Baju Alat pelindung Diri (APD) Hazmat, masker medis serta sejumlah alat dan sarana pendukung lainnya,” ujarnya, Minggu (1/8).

Sementara, lanjutnya, pihak perusahaan sendiri memberikan respon positif dan akan berupaya untuk memenuhi usulan tersebut. ”Ya mereka akan berupaya untuk merealisasikan usulan tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, upaya penanganan Covid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi dibutuhkan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali pihak perusahaan swasta atau BUMN.

“Tentunya kita ketahui bahwa selama ini pemerintah telah berupaya maksimal dalam penanganan Covid-19, namun disisi lain ada tentu keterbatasan terutama kemampuan anggaran, jadi dengan ini kita ingin mengajak perusahaan agar dapat membantu,” harapnya.

Sebelumnya, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus heran dengan perusahaan swasta dan BUMN di Lampung Barat yang enggan berkontribusi terhadap penanganan Covid-19. Hal tersebut disampaikannya di acara Rapat Tim Gugus Tugas Kabupaten di Sekolah Kopi, Pekon Rigisjaya, Kecamatan Airhitam, Selasa (27/7) lalu

“Keselamatan rakyat diatas segalanya. Selain pemerintah, semua perusahaan yang ada di Lambar baik swasta atau pemerintah (BUMN) wajib membantu Pemkab Lambar dalam hal penanganan Covid-19. Semisal program vaksin gotong royong, oksigen dan lain sebagainnya sesuai aturan yang berlaku. Mereka jangan hanya tutup mata. Kolaborasi menjadi kunci keberhasilan penanganan Covid-19,” ujar Parosil. 

Menurutnya, di Lambar itu ada PLTA Way Besai, Nataran Mining, PLTMH, PNM Mandiri, Telkom dan masih banyak lagi. Kontribusi dan peran mereka sangat diharapkan. Pemkab juga punya keterbatasan.

“Saya sudah perintahkan para camat dan pihak terkait untuk berkoordinasi dengan mereka. Jangan tutup mata dong. Ini waktunya mereka berperan aktif. Lambar-kan sudah banyak membantu. Sekarang waktunya mereka bantu. Ini bukan buat saya, ini buat rakyat,” pungkas dia.(edi/mlo)


Pos terkait