Gali Keterampilan Warga Binaan, Lapas Waykanan Gelar Pelatihan Budidaya Itik Petelur

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lembaga Pemasyarakatan Waykanan terus menggali keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), hal ini ditandai dengan diberikannya pelatihan kembali Budidaya Itik Petelur bagi WBP dengan menggandeng Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan yang dilaksanakan di Aula DR. Sahardjo Lapas Waykanan, Selasa (6/4). 

Kepala Lapas Kelas IIB Waykanan, Syarpani menyampaikan tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kemandirian yang produktif dan menambah keterampilan di bidang peternakan melalui Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) unit budidaya itik petelur agar WBP dapat memahami dan dapat dimanfaatkan menjadi bekal saat kembali ke lingkungan masyarakat. 

Bacaan Lainnya

“Untuk kedua kalinya kita Gandeng Dinas Peternakan Kabupaten Waykanan, kali ini Lapas Waykanan menggandeng dalam rangka pelatihan Budidaya Itik Petelur, dan sebanyak 25 Napi jadi peserta. Hasil telurnya nanti ada yang kita setor ke negara menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” ujar Syarpani. 

Pada keeempatan yang mewakili Kadis Peternakan, Kasi kesehatan hewan Anik Eko Budiati menyampaikan Bahwa sesuai dengan atensi Kalapas untuk memberikan pelatihan bagi Warga Binaan bagaimana menjadi peternak yang baik dan benar, cara perawatan, pencegahan penyakit, kemudian melakukan langkah-langkah guna mencapai target produksi yang akan dicapai serta mampu mengembangkan usaha budidaya itik petelur yang menguntungkan. 

“Kami akan melatih warga binaan menjadi peternak yang baik dan benar, cara perawatan, pencegahan penyakit, kemudian melakukan langkah-langkah guna mencapai target produksi yang akan dicapai serta mampu mengembangkan usaha budidaya itik petelur yang menguntungkan,” ujar Eko. 

“Kami juga berharap agar warga binaan yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikuti dengan benar sehingga pelatihan atau ilmu yang kami berikan ini nanti bermanfaat bagi mereka saat masih menjadi warga binaan ataupun sekeluarnya mereka nanti dari Lapas,” imbuhnya.(wk1/mlo)




Pos terkait