Gali Permasalahan Sepanjang 2020, Puskesmas Sumberjaya Gelar MMD 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), Selasa (29/12).

Musyawarah yang dihelat di aula Puskesmas tersebut, dihadiri seluruh aparat berkompeten pekon dan kelurahan, serta jajaran Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Sumberjaya.

Bacaan Lainnya

Kepala UPT Puskesmas Subianto, S.Km., menegaskan kegiatan MMD pekon dan kelurahan Kecamatan Sumberjaya, dari hasil Survey Mawas Diri (SMD), didapat masalah kesehatan yang harus diatasi bersama.

Seperti masalah sampah dan inovasi dari masyarakat yaitu sedekah sampah di Kelurahan Tugusari. Dimana sampah plastik bisa dipisahkan dan mempunyai nilai ekonomi yang bisa digunakan untuk pembangunan tempat ibadah (masjid).

Selain itu permasalahan penanganan stunting atau gizi buruk/kurang gizi, persalinan, ibu hamil, dan lain-lainnya. “Nantinya pekon dan kelurahan akan memiliki perencanaan untuk menangani kesehatan masyarakat bersama-sama,” tegasnya. 

Dengan semua permasalahan tersebut Subianto menyebutkan perlunya kebersamaan dan solusi dari masyarakat untuk pelayanan puskesmas kedepannya, guna mengantisipasi permasalahan tersebut diatas. 

Sebelumnya dikatakan, dalam MMD tersebut poin pembahasan yang dilakukan  penggalian tentang permasalahan kesehatan masyarakat. Yang kemudian dilakukan upaya untuk langkah berikutnya sebagai cara  pemecahan masalah. 

“Upaya yang akan terus kita evaluasi untuk menggali apa yang masih menjadi kekurangan dan perlu dievaluasi guna program berikutnya, khususnya yang sifatnya Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) seperti Posyandu, Posbindu dan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan berbagai lainnya,” jelasnya. 

Lanjut Subianto, dengan MMD yang menjadi agenda rutin puskesmas setempat. Kedepannya akan juga jadi agenda rutin di tingkat pekon dan kelurahan sehingga lebih terintegrasi  menuju masyarakat sehat. (r1n/mlo)


Pos terkait