Gali Potensi ZIS, Baznas Lambar Gandeng Radar Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lampung Barat, menjalin kerjasama dengan surat kabar harian (SKH) Radar Lambar, dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS).

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum Off Understanding (MoU) antara Ketua Baznas Lambar Inharuddin, S.Ag, didampingi Wakil Ketua I Agus Mualif, S.Pd., Wakil Ketua II Suluri, S.Pd., dan Munawir Sunandar, S.Pd., selaku pelaksana, sementara dari pihak Radar Lambar penandatanganan dilakukan oleh Mujitahidin selaku General Manager (GM), di Graha Pena Lambar Selasa (12/1). 

Bacaan Lainnya


Beberapa poin dalam jalinan kerjasama tersebut antara lain,  sebagai koran yang memiliki jaringan di 131 pekon lima kelurahan di 15 kecamatan yang ada di bumi beguai jejama sai betik tersebut, Baznas Lambar menginginkan adanya kerjasama dalam hal penggalian potensi dengan melakukan sosialisasi terkait ZIS, sekaligus mempublikasikan terkait dengan program-program Baznas seperti penyaluran terhadap Mustahik (penerima zakat) sebagai bentuk transparansi terhadap publik dalam  hal ini Muzakki (pemberi zakat).     

Ketua Baznas Lambar Inharuddin mengungkapkan, Baznas  adalah lembaga pemerintah non struktural, yang bertanggung jawab langsung kepada pemerintah dalam hal ini Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus dan juga kepada Baznas Provinsi. 

”Kami sadar bahwa Baznas Lambar tidak berdiri sendiri, tugas pokok dan fungsinya merencanakan dan melaksanakan serta mendayagunakan atas pengumpulan dan pendistribusian dana zakat yang terkumpul,” ujarnya.

Terkait dengan program Baznas, kata dia, pada tahun 2020 lalu  mengingat adanya Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), maka pihaknya memiliki sejumlah program dalam rangka turut serta penanganan Covid-19, kemudian program pemberian bantuan kepada korban bencana, mualaf, dan sabilillah, serta terakhir program bedah rumah atau program rumah layak huni yang ada di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat, yang tentunya semua program tersebut dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang ada, dan melaksanakan semua prosedur yang ditetapkan.

”Untuk program yang kami laksanakan juga tentunya kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini bapak bupati, sesuai arahan dan petunjuk beliau program kami laksanakan. Kemudian sejauh ini sumber dana di Baznas masih didominasi oleh zakat ASN bahkan 95 persennya dari zakat ASN, kedepannya tentu kami berharap ada sumber dana lain, seperti infaq dan shadaqah dari pihak lain dalam rangka mendukung program Baznas dalam mensejahterakan masyarakat,” bebernya.

Sementara GM Radar Lambar  Mujitahidin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baznas Lambar yang telah bersedia menggandeng Radar Lambar dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat serta menyebarluaskan informasi terkait dengan program-program Baznas.

”Tentunya melalui kerjasama ini, kami akan berupaya maksimal untuk membantu Baznas  dalam rangka mensosialisasikan program-program yang digulirkan, Insha Allah informasi yang disampaikan bisa menyebar luas di masyarakat, mengingat Radar Lambar yang merupakan media lokal menyebar di 131 pekon dan lima kelurahan yang ada di Lambar,” ujarnya.

Ia menilai, sejauh Baznas Lambar telah menjalin  kerjasama dengan Radar  Lambar dengan  melakukan publikasi setiap kegiatan-kegiatan pelaksanaan program Baznas. 

Hanya saja melalui penandatangan kerjasama tersebut tentunya Radar Lambar akan berupaya lebih maksimal dalam membantu Baznas dalam mengoptimalkan program pendistribusian dan pendayagunaan ZIS, utamanya dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. (nop/mlo)




Pos terkait