Gandeng Puskesmas, Para Mahasiswa KKN Sosialisasikan PHBS 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mahasiswa Universitas Indonesia Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati, Bandung yang melaksanakan kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Tanjungraya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19. 

Sosialisasi yang digelar bersama UPT Puskesmas Sukau dan pemerintah Pekon Tanjungraya itu bertujuan untuk menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai salah satu langkah pencegahan penularan wabah Covid-19. 

Bacaan Lainnya

Koordinator KKN Pekon Tanjungraya Adam Dewantara Putra mengatakan, sosialisasi ini Menjadi salah satu program kerja para yang ditujukan kepada masyarakat agar dapat memahami pentingnya menerapkan PHBS di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

“Materi sosialisasi yang diberikan antara lain pengertian Covid-19 menerapkan kebiasaan cuci tangan secara berkala, edukasi mengenai pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah, pentingnya penyemprotan desinfektan di lingkungan tempat tinggal serta sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan lainnya,” jelasnya 

Terusnya, kelompok KKN sangat berharap melalui kegiatan ini masyarakat akan lebih paham akan pentingnya menjaga kesehatan, menanggulangi Covid-19, patuh dengan protokol kesehatan dan mengikuti vaksin sesuai anjuran pemerintah. “Termasuk mengedukasi langkah-langkah yang dapat diambil bagi masyarakat yang mengalami gejala seperti demam tinggi, batuk, dan bersin,” tambahnya.

Sementara, Peratin Tanjungraya Budiyono berharap kehadiran Mahasiswa KKN dapat membantu upaya satgas Covid-19 untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan terus mengingatkan masyarakat agar disiplin.

“Kami juga memberikan kesempatan untuk para mahasiswa menyampaikan masukannya, karena dari hari ke hari adik-adik sudah berada di tengah-tengah masyarakat dan mungkin memahami suatu persoalan dan memiliki solusinya,” harapnya.

Diketahui, Sosialisasi PHBS tersebut diikuti oleh peserta yang terbatas yakni sebanyak 20 orang yang terdiri dari perwakilan tp PKK, pemangku dan masyarakat. Dan pelaksanaan KKN yang di dilaksanakan oleh 15 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai kabupaten se-Provinsi Lampung tersebut berlangsung sejak 1 Agustus hingga 5 september 202.(edi/mlo)


Pos terkait