Gaungkan Program Pangan Mandiri, KWT Cendana Sukaraja Buka Lahan Demplot

Medialampung.co.id – Puluhan emak-emak yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Cendana, Pekon Sukaraja, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gotong royong membuka lahan bakal lokasi demplot. 

Dalam aksi gotong royong tersebut juga dihadiri Peratin Guswadi, yang ikut langsung memantau pelaksanaan pembukaan lahan milik salah satu warga yang dipinjamkan kepada KWT sebagai bentuk sumbangsihnya untuk kemajuan KWT tersebut. 

Bacaan Lainnya


“Saya selaku peratin merasa senang dengan gerakan hebat yang dilakukan ibu-ibu rumah tangga dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi lokasi yang menghasilkan sebagaimana program Bupati Lambar Parosil Mabsus tentang Pangan Mandiri (PM), dan program pemerintah pusat yakni Ketahanan Pangan,” tegasnya.

Dalam hal ketahanan pangan Guswadi menyebutkan sebanyak 20% anggaran minimal Dana Desa (DD) tahun ini dikelola untuk bidang tersebut. Artinya langkah yang dilaksanakan KWT Cendana merupakan gerakan yang sangat tepat sebagai jawaban atas program pemerintah. 

Sementara dikatakan Sekretaris KWT Cendana Ramai bersama Bendahara Hj Sukmawati, mendampingi Ketua Kelompok Tiah lahan bakal demplot yang dibuka tersebut luasnya 50×50 meter persegi. 

Dimana rencananya. Sebelumnya masuknya bantuan pemerintah dalam pembangunan program Pangan Mandiri (PM) seperti adanya bantuan modal. Maka setelah selesai digarap penanaman awal akan ditanami Kangkung. 

“Kalau harapan kita ke depan semua lahan-lahan nganggur yang memungkinkan dan mampu ditangani KWT akan dimanfaatkan, sehingga keberadaan kelompok kami bukan hanya ‘Tim Hore’, perkumpulan emak-emak tapi betul-betul mendapatkan hasil yang sedikit banyaknya mengurangi ketergantungan kebutuhan dapur dari pada beli di pasar,” imbuhnya. 

Terkait itulah peran serta pemerintah dan aparat pekon khususnya dalam mendorong hidupnya KWT melalui bimbingan dan penyuluhan secara kontinyu maupun melalui dorongan bantuan modal dan sarana prasarana lainnya. (r1n/mlo)


Pos terkait