Gedungsurian Lanjutkan Pembinaan Aparatur Pekon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mengawali Tahun Anggaran (TA) 2020, Camat Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Ernawati, S.E., dan jajaran kembali melaksanakan kegiatan pembinaan aparatur pekon.

Dimana pada rangkaian pembinaan aparatur pekon yang keempat ini, dilakukan di Pekon Puramekar, bertempat dibalai pekon setempat, Selasa (7/1).

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan ini Ernawati yang didampingi oleh Sekcam, Kasi PMP, Kasi Kemasyarakatan, Kasi Tramtib dan Plt. Kasi Pemerintahan, memberikan pembinaan kepada Peratin beserta aparatur pekon mulai dari Juru tulis, Kaur, Kasi sampai ke kepala pemangku.

Ernawati mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda yang  memang dijadwalkan olehnya, dan Pekon Puramekar merupakan pekon keempat yang dikunjungi, setelah sebelumnya pembinaan serupa dilakukan di Pekon Trimulyo, Mekarjaya, Ciptawaras. “Terakhir akan kita lakukan di Pekon Gedungsurian,” terangnya.

Kegiatan itu, lanjutnya, diharapkan dapat memberikan energi baru bagi aparatur pekon untuk lebih bersemangat dalam melaksanakan pembangunan. “Kegiatan ini difokuskan kepada pembinaan disiplin aparatur, penyampaian Tugas Pokok dan Pungsi (Tupoksi) masing-masing kaur, kasi, dan pemangku, serta pembinaan di bidang administrasi pemerintahan pekon,” ujarnya.

Dan khusus untuk administrasi kependudukan, Ernawati mengharapkan setiap kepala pemangku dapat memulai untuk membuat database yang valid dan diupdate secara berkala. “Selain database kependudukan, kepala pemangku juga diharapkan dapat memiliki data valid  berupa data penyandang disabilitas, data lansia, data anak yatim, data jompo, data penduduk wajib KTP dan data lain yang dianggap perlu, seperti data penduduk penerima program pemerintah,” anjurannya.

Data berbasis pemangku di anggap perlu sebab melalui data itu keberhasilan program pemerintah juga ditentukan. “Apabila sumber data yang dijadikan dasar penentuan penerima program pemerintah ini baik, maka akan baik hasilnya, dan apabila terkesan asalan maka penyaluran program tidak akan tepat sasaran dan malah menjadi polemik yang berkelanjutan,” sebut pihaknya.

Oleh karena itu, Ernawati mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama menyadari hal ini, karena untuk mewujudkan kabupaten hebat, dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat pekon.

Sementara itu, Peratin Puramekar Anderi menyambut baik kegiatan pembinaan ini, ia sangat mengharapkan ada tindak lanjut dari kegiatan ini sehingga action yg dilakukan akan membawa perubahan yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, Ernawati juga menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi yang akan diusulkan dalam kegiatan musrenbang kecamatan, dan diharapkan mendapatkan alokasi dana pembangunan  yang bersumber dari APBD kabupaten untuk tahun 2021. (ius/mlo)



Pos terkait