Gegara Covid-19, Musrenbang Kabupaten Bakal Digelar Via Vidcon

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id – Setelah mengalami penundaan, pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Lambar tahun ini akan digelar melalui Video Conference alias (Vidcon) pada Senin (13/4/2020) mendatang. 

”Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengumpulkan orang banyak karena saat ini sedang ada wabah virus Corona (Covid-19). Maka pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten tahun ini dilaksanakan melalui Vidcon,”  ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, Rabu (8/4)

Bacaan Lainnya


Musrenbang melalui Vidcon tersebut, kata Okmal, akan dilaksanakan di kantor bupati yang akan dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, forkopimda, serta DPRD dan sejumlah kepala OPD. ”Jadi nantinya seluruh camat  di Kabupaten Lambar didampingi dua atau tiga utusan harus standby dan mempersiapkan peralatan berupa handphone (HP) dan komputer masing-masing,” ujar dia.

Kata dia, di saat kondisi seperti sekarang ini pelaksanaan musrenbang melalui Vidcon  lebih efektif untuk antisipasi penyebaran virus corona karena tidak perlu kumpul ramai-ramai.  ”Kita berharap pelaksanaan musrenbang kabupaten via Vidcon ini berjalan lancar,” harapnya.  

Lebih jauh Okmal mengatakan,  tujuan dilaksanakannya musrenbang yaitu menetapkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan program prioritas pembangunan tahun anggaran 2021 serta untuk menghasilkan kesepakatan dan komitmen di antara pelaku pembangunan atas program kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 sebagai landasan pijakan tahun pertama RPJMD 2017-2022. Selanjutnya, menyusun rencana program pembangunan Kabupaten Lambar tahun 2021 sebagai kelanjutan dari proses penjaringan aspirasi masyarakat  yang telah dilaksanakan yaitu musrenbang tingkat pekon pada Januari, dan musrenbang kecamatan yang akan dilaksanakan pada bulan Februari lalu.

”Selain itu, kegiatan musrenbang ini bertujuan untuk menetapkan program atau kegiatan yang akan diusulkan pada musrenbang tingkat provinsi dan nasional,“ pungkas Okmal. (lusi/mlo)



Pos terkait