Gegara Petasan, Lahan Gambut Terbakar Gegerkan Warga Pasar Liwa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gegara ulah anak-anak bermain petasan disekitar lahan gambut mengakibatkan kebakaran yang membuat geger warga Kelurahan Pasarliwa, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat Rabu malam (2/6) sekitar pukul 21:00 WIB.

Namun, berkat kesigapan personel damkar Pemkab Lambar yang dibantu penjual air keliling, kobaran api yang nyaris merambat ke emperan kios buah berhasil dipadamkan.

Bacaan Lainnya


Proses pemadaman  dipimpin langsung oleh Kabid Damkar Ricard Ricardo bersama Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra.

Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra mengatakan, peristiwa itu terjadi saat sejumlah anak yang tidak diketahui identitasnya bermain petasan yang diarahkan ke lahan gambut dan rumpunan bambu. Seketika menimbulkan kobaran api dan kepulan asap yang membumbung tinggi.

“Dari informasi tadi ada anak-anak bermain petasan, tidak lama mengakibatkan kebakaran, beruntung berkat kesigapan armada damkar dan penjual air keliling api dengan cepat dipadamkan, sehingga tidak merambat ke kios para pedagang buah,” terangnya di lokasi.

Atas peristiwa ini, pihaknya berharap peran orang tua agar dapat meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya agar tidak bermain petasan di lokasi yang rentan terjadi kebakaran.

“Peristiwa ini menjadi pelajaran agar kedepan orang-orang dapat meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas anak-anak, karena bermain petasan selain membahayakan diri sendiri juga dapat merugikan orang lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Damkar Ricard Ricardo menambahkan, dalam proses pemadaman pihaknya menurunkan satu unit armada damkar dan sejumlah personel.

“Proses pemadaman berlangsung sekitar 40 menit, tidak korban maupun kerugian material dalam peristiwa ini,” singkat dia.(edi/mlo)




Pos terkait