Gelar Matsama Tiga Hari, Ini Skenario yang Diterapkan MTs N 1 Lambar 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masa Ta’aruf siswa Madrasah (Matsama) atau masa orientasi dan pengenalan lingkungan madrasah kini telah dibuka.  Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh sekolah, Matsama akan berlangsung selama 3 hari terhitung sejak Senin-Rabu (13-15/7).

Matsama merupakan proses penyambutan siswa baru yang berisi berbagai rangkaian acara  itu menjadi momen yang berkesan dan dinantikan oleh madrasah tak terkecuali di MTs Negeri 1 Lambar. Namun dalam pelaksanaannya di tengah pandemi Covid-19. Sesuai protokol kesehatan, madrasah menerapkan 6 skenario yang wajib dipatuhi oleh peserta.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs yang juga kepala MTs Negeri 1 Lambar Hi. Gunawan Susanto, M.Pd, mengatakan dalam pelaksanaan Matsama 2020 pihaknya telah menyiapkan 6 skenario yaitu pertama siswa sampai di Madrasah, disarankan  memakai kendaraan sendiri atau diantar oleh orang tua. dengan memakai masker, mengatur jarak untuk menghindari terjadinya penumpukan di gerbang.

“Selanjutnya kedua, sampai di Madrasah akan dilakukan pengecekan suhu dengan Thermogun oleh Tim Gugus Covid-19 Madrasah dan segera mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir yang telah disiapkan,” terangnya.

Kemudian, sebelum menuju ruangan atau satu sehari sebelumnya ruangan wajib disemprotkan cairan desinfektan. Kemudian tepat pada pukul 07.30 WIB mulai mengikuti materi Matsama. 

“Saat kegiatan Matsama ada jeda istirahat, yang dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk makan-makanan yang dibawa dari rumah. Dan berkomunikasi antar sesama peserta dengan tetap menggunakan masker dan mengatur jarak,” imbuhnya.

Terakhir, kata dia, pada pukul 10:30 WIB kegiatan Matsama selesai dan para peserta kembali mencuci tangan dengan sabun dan air kemudian langsung kembali kerumah masing -masing. 

“Penerapan enam poin skenario itu mengacu pada SOP dalam rangka pencegahan Covid-19. Tak lupa kita semua sebagai orang tua, harus selalu menyampaikan kepada anak kita untuk menjaga kesehatan, kebersihan dan tak lupa tetap semangat di situasi saat ini,” imbuhnya.(edi/mlo)



Pos terkait