Gempa 3,8 SR Guncang Bandarlampung dan Lamsel

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gempa tektonik bermagnitudo 3,8 Skala Ritcher (SR) mengguncang wilayah Lampung Selatan dan sekitarnya pada Senin(27/1) pagi.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung Rudy Haryanto mengatakan jika gempa sendiri berasal dari barat daya laut.

Bacaan Lainnya



“Benar, Analisis BMKG sendiri menunjukkan gempa bumi berkekuatan M=3.8 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 5.72 LS-105.36 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 25 km BaratDaya Lampung Selatan dengan kedalaman 4 Kilometer,” katanya.

Dikatakannya, jika ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Tarahan yang terletak di sekitar Lampung Selatan.

“Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Bandarlampung, Teluk Betung dan Sidomulyo-Lampung Selatan dengan Skala Intensitas II – III MMI,” pungkasnya.(rnn/mlo)



Pos terkait