Gempa 5,4 SR yang Mengguncang Pesbar Tidak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gempa bumi dengan kekuatan 5,4 Skala richter (SR), mengguncang Kabupaten Pesisir Barat dan Sekitarnya pada Rabu (27/1) sore, sekira pukul 17.40 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 5,13 LS dan 103,74 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 20 km arah Barat Kota Krui, Kabupaten Pesisir Barat, pada kedalaman 10 km. 

Bacaan Lainnya

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan Oblik Naik.  

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Liwa, Bengkulu Selatan, Krui, Lampung Barat, dengan level III MMI (Modified Mercalli Intensity) atau Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, di Waykanan, Tanggamus level II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara itu, Kepala BPBD Pesbar Syaifullah, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut, namun getaran gempa dirasakan cukup kuat hampir di seluruh wilayah Kabupaten Pesbar. 

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” singkatnya. (ygi/mlo)


Pos terkait