Gerak Cepat, Satgas Covid-19 Batubrak Tracing Warga dari Luar Daerah

  • Whatsapp

Medialmpung.co.id – Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lambar bergerak cepat melakukan tracing terhadap rombongan warga yang baru kembali dari luar daerah, Rabu (26/5).

Upaya jemput bola itu dilakukan setelah tim mendapat informasi bahwa satu orang warga meninggal dunia dalam perjalanan dari Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menuju pemangku Waysalang, Pekon Sukabumi, Kecamatan Batubrak.

Bacaan Lainnya


Ketua Tim Surveilans UPT Puskesmas Batubrak Hefriza mendampingi Kapuskes Nezwan, S.K.M mengatakan, tim tracer kecamatan Batubrak yang terdiri dari perawat pekon, bidan desa, babinsa dan babinkamtibmas melakukan tracing terhadap satu keluarga yang baru kembali dari luar daerah, setelah satu orang lansia diantaranya meninggal dunia dalam perjalanan di wilayah bukit kemuning.

“Atas dasar itu, untuk antisipasi, tim tracer bergerak cepat melakukan rapid test antigen ke empat orang anggota keluarga tersebut dan hasilnya negatif,” jelasnya.

Sementara, lanjutnya, untuk satu orang warga yang meninggal dunia tersebut, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, sebelum meninggal almarhum sempat mengeluh sakit gigi.

“Sebelum meninggal, almarhum mengeluh sakit gigi. Tapi semuanya kita pastikan aman, dan meski hasil rapid test antigen negatif, kita imbau keluarganya tetap menjalankan prokes,” pesannya.

Terkait itu, pihaknya berharap peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat agar apabila memiliki sempat berkunjung keluar daerah diminta untuk melapor ke satgas covid-19 pekon agar lebih dulu dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan. 

“Harus tetap patuh dan waspada akan penyebaran wabah ini dengan tetap menjalankan prokes pada setiap aktivitas, jika baru kembali dari luar daerah diharapkan agar dapat memeriksakan kesehatan ke puskesmas atau menghubungi pihak satgas Covid-19 di pekonnya,” harapnya.(edi/mlo)




Pos terkait