Gotong Royong Jadi Perekat Kemajemukan Masyarakat Kampung Tanjung Rejo

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kampung Tanjung Rejo Kecamatan Negeri Agung Waykanan serta masyarakat bahu-membahu gotong royong guna menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, Minggu (7/3). 

“Selain membersihkan lingkungan, kami juga saling bahu membahu membersihkan dan memperbaiki jalanan yang rusak dan membersihkan saluran drainase, khususnya di dusun Wonodadi, karena disana memiliki banyak fasilitas umum diantaranya Pura, Masjid, Lapangan Bola, Lapangan Volly dan Lapangan Grasstrack, oleh sebab itu banyak lokasi yang membutuhkan perawatan termasuk kebersihannya,” tutur Wayan Kandre kepala dusun wonodadi. 

Bacaan Lainnya


Sementara itu, Kepala Kampung Tanjung Rejo Imam Sofandi membenarkan keterangan Wayan Kande, dan sangat mengapresiasi kegiatan kerja bakti dan gotong royong yang dilakukan warganya itu.

“Alhamdulillah partisipasi masyarakat sangat baik, ayo kita jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, dengan lingkungan yang bersih hidup akan jadi lebih sehat, kalau bukan kita yang menjaga kebersihan lingkungan lalu siapa lagi, kalau bukan sekarang kita memulai hal yang baik Lalu kapan lagi karena kegiatan ini merupakan dari kita untuk kita dari warga untuk warga,” tegas Imam Sopandi. 

Lebih jauh, Imam Sopandi menyatakan bahwa kegiatan gotong royong itu berjalan rutin, di kampung yang ia pimpin, karena selain bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar, gotong royong juga bertujuan untuk membina hubungan sosial antar anggota masyarakat. Semakin baik silaturahmi yang terjalin maka kekompakan antar anggota masyarakat juga akan semakin meningkat, 

“Masyarakat Kampung Tanjungrejo ini sangat majemuk baik dari suku maupun agamanya. Dari mulai suku Lampung, Jawa, Sunda, Bali, Minang dan masih ada suku-suku lainnya, gotong-royong ini menjadi salah satu perekat, dan menjadi salah satu upaya untuk memadukan berbagai budaya, agama dan ras tersebut di dalam kebersamaan yang damai,” imbuhnya.(wk1/mlo)




Pos terkait